fb-pixel-code

Kirim Bumbu Pecel Ke Luar Negeri Dengan Aman

Ekspor bumbu pecel dan bumbu penyedap lainnya

Kilo.id - 21/10/2021, 11:47 WIB

Bagikan:

Kirim bumbu pecel ke luar negeri dengan aman bisa dengan memastikan regulasi dari negara tujuan pengiriman Anda memperbolehkan pengiriman barang yang satu ini. Sudah banyak contoh para pembuat sambel pecel yang sukses menjual dagangan ke luar negeri, khususnya ke negara Jepang, Malaysia, Australia, Taiwan, dan Belanda. 

Restoran Indonesia di luar negeri mampu menghadirkan makanan olahan bumbu pecel menjadi hidangan siap makan. Terdapat kisah dari pemilik Sambel Pecel ‘Mbak Ti’, salah satu UMKM asal Kota Kediri yang mampu memproduksi sambel pecel hingga 2 ton per bulan. Pemasaran produk sambel pecel yang berlokasi di Jalan Sumber Dasem, Kelurahan Betet, ini sudah merambah hingga Malaysia, Hongkong, Dubai, hingga Uni Emirat Arab.

Salah satu merk bumbu pecel terkenal lokal ada Karangsari, Asli Selo, Periuk, Bumbu Pecel Bu Broto dan sebagainya. Jika Anda hendak mengirimkan bumbu pecel menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp tentang pengiriman  bumbu pecel. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di halaman per negara website ini.

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Tips Agar Bumbu Pecel Bisa Lolos Kirim ke Luar Negeri

Beberapa komponen harus dipenuhi agar produk Anda dapat diterima di negara lain.

Merk Dagang

Setiap produk bumbu pecel yang dikirim harus sudah memiliki merek dagang yang sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku. Bumbu pecel  tanpa label merk belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan. Jika Anda melakukan bisnis reseller maka sudah barang tentu nama produk ditulis lengkap di packing list agar bisa dilacak ketersedian (availability) sebelum barang dikirim.

Registrasi BPOM

Badan POM RI menganjurkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa) terlebih dahulu sebelum mengonsumsi. Hal yang lebih penting ketika mengirim produk bumbu pecel yaitu adanya legalitas dari BPOM, karena jika tidak maka barang bisa dikembalikan atau dihancurkan.

Label Komposisi

Label nutrisi pada bumbu pecel menyertakan informasi yang penting, seperti kalori, total protein, karbohidrat, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, label pada bumbu pecel pun biasanya menuliskan manfaat bumbu pecel seperti kandungan dalam bumbu pecel. Memberi informasi tentang isi produk yang diberi label bertujuan mengetahui isi kandungan bumbu pecel tanpa harus membuka kemasan. 

Tanggal Kadaluarsa

Masa simpan bumbu pecel bisa cukup lama. Jika produk tersebut buatan pabrik maka bisa awet sampai beberapa bulan. Wajib menuliskan tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa untuk menghindari adanya pertanyaan pihak berwenang ketika mengecek barang Anda. Masa tahan makanan juga berpengaruh setelah kemasan telah dibuka. Berikan keterangan estimasi ketahanan barang dibuka sebagai tambahan.

Apakah Bisa Kirim Bumbu Pecel ke Luar Negeri Dengan Barang lain?

Bisa. Bumbu pecel biasanya dimasukan ke dalam kategori pengiriman rumah tangga. Mayoritas pengiriman tidak spesifik harus dengan jenis yang sama dalam satu box. Adapun jika ingin mengirim bumbu pecel keseluruhan, terdapat batas maksimal per negara. Jika Anda kesulitan mengurus izinnya, silahkan konsultasikan dengan CS Kilo.id. Kami dapat membantu memberikan solusi pengiriman barang sesuai kebutuhan Anda.

Tips Agar Anda Bisa Memasarkan Bumbu Pecel Ke Luar negeri

Memasarkan produk ke luar negeri, dibutuhkan keahlian pemasaran online dimana Anda harus memperkenalkan produk Anda di internet. 47% dari penjualan e-niaga dilakukan melalui pasar online pada tahun 2020, berjumlah hampir dua triliun dolar. Kebutuhan ini sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat global, yang semula jika ingin memperkenalkan produk melalui seminar offline di negara tujuan, sekarang bisa lebih mudah dengan cara berikut ini:

  1. Unggah Produk Ke Marketplace Internasional 

Jika produk Anda berupa barang, alangkah lebih menyenangkan jika layaknya berjualan di e-commerce dalam negeri, Anda dapat upload produk melalui Amazon, eBay, Alibaba, Rakuten, Etsy, Facebook Marketplace, TaoBao dan banyak lainnya.  

Marketplace ini dapat membantu Anda mencari pembeli Anda dengan lebih mudah, terutama jika Anda belum memiliki website sendiri. Anda juga tidak perlu khawatir soal keamanan, pembayaran diawasi langsung pihak marketplace tersebut. 

Jika Anda ingin sukses berdagang online, kelola dengan baik marketplace Anda. Pelajari cara pembayaran serta kurs yang dipilih, lalu buat konsumen datang membanjiri produk Anda.

  1. Gunakan Media Sosial

Umum dilakukan, namun jika Anda serius menggarap pangsa pasar dari luar negeri, gunakan Bahasa Inggris atau multibahasa agar lebih memudahkan konsumen mengenal kualitas produk Anda. Selain itu, tampilan media sosial juga harus rapih dan aktif, jika konsumen melihat media sosialnya terjaga maka kemungkinan orang membeli dari Anda akan sangat tinggi. Misalnya jika Anda mengunjungi Instagram @kilo_id, kami memberikan banyak informasi mengenai pengiriman, update jadwal keberangkatan dan hiburan untuk para pengikut kami. 

  1. Beriklan di Google & Facebook

Sebelum produk Anda dikenal, harus ada usaha memperkenalkan produk Anda secara berkala agar orang mudah ingat dengan layanan Anda. Fasilitas iklan menggunakan fitur Iklan Google Adword untuk mempercepat proses promosi. Jika menggunakan Facebook Ads, memudahkan usaha dalam membidik target secara detail. Bukan hanya detail sampai suatu negara atau kota tujuan saja, namun juga dapat mendeskripsikan secara demografi,  profesi dan perilaku yang bisa kita atur dalam iklan kita.

  1. Bekerjasama Dengan Perusahaan Asing

Menjalin hubungan dengan perusahaan asing bisa mendatangkan manfaat, selain memiliki koneksi yang baik kepada akses lebih dari banyak negara, Anda juga bisa masuk untuk mengisi kebutuhan dari perusahaan tersebut. Jika produk Anda adalah bumbu pecel, Anda bisa mengajukan kepada perusahaan restoran di negara tertuju. Di Belanda, banyak bertebaran restoran Indonesia yang menyajikan makanan bumbu pecel, Anda bisa mulai dari membangun relasi dengan perusahaan / pekerja di sana.

  1. Jasa Kirim Barang Terpercaya

Pengiriman ke luar negeri berbeda dengan pengiriman regional. Ada peraturan yang mesti Anda ikuti sebelum mengirim produk bumbu pecel. Gunakan jasa kurir terpercaya yang sudah berpengalaman dengan pengiriman, cara mengecek dengan cara berikut. 

Pertama pastikan ketika Anda mengetik di mesin pencari, keluar artikel di media massa yang memberitakan seputar jasa kirim tersebut. Jika jasa pengiriman sudah diberitakan artinya jasa tersebut cukup kredibel. Tidak berhenti sampai di situ, misalnya Anda ketik Kilo.id di YouTube sudah banyak pengguna layanannya yang membagikan cerita pengalaman seputar jasa kirim Kilo.id. 

Kedua, pastikan bahwa media sosial dan website jasa kirim tersebut aktif. Di zaman serba canggih seperti ini sudah jarang ada jasa kirim kredibel yang tidak memiliki identitas online. Anda bisa tracking bagaimana kepuasan pelanggan melalui rating yang ada di media sosial dan mesin pencari. 

Ketiga, pahami bahwa jasa kirim yang kredibel kadang tidak bisa terlalu cepat membalas pesan setelah baru semenit saja Anda kirim. Tunggu dalam waktu 1x24 jam sampai pesan Anda dibalas. Atau jika Anda butuh cepat, silahkan unduh terlebih dahulu form di sini. Isi dengan lengkap, lampirkan pada pesan chat customer service Kilo.id.

Baca artikel kami sebelumnya mengenai Cara Praktis Kirim Barang Ke Malaysia Via Laut 

Artikel Lainnya

Video