Ekspor & Impor Pakaian Barang Fashion? Pahami prosedurnya

Kirim baju newborn, anak-anak, dewasa hingga pakaian fashion branded lewat Kilo.id aman

Bisnis fashion berkembang pesat sejak adanya media sosial yang menampilkan para tokoh dengan outfit terkini. Tren ini didukung dengan bantuan usaha jasa titip (jastip) per negara, dimana keinginan mendapatkan harga murah kualitas import menjadi daya tarik konsumen di era teknologi informasi. Kirim baju ke luar negeri hemat bisa dengan menitipkan melalui perseorangan atau badan yang menawarkan jasa titip, terbanyak biasanya dari negara seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan China.

Adapun syarat impor barang salah satunya tidak diperbolehkan membawa pakaian limbah atau baju bekas yang tidak layak terpakai. Batas maksimal pengiriman baju perseorangan dikenakan kuantitas sebanyak 9 pcs. Jika lebih dari batas tersebut, membutuhkan dokumen yang harus dipenuhi. Jika anda mengalami kendala pengiriman baik ekspor maupun impor pakaian, silahkan konsultasikan kepada jasa Kilo.id.

Layanan service Kilo.id bisa memberikan informasi seputar pengiriman per tiap negara. Sebab, beda tujuan beda juga ketentuannya. Adapun syarat ekspor & impor pakaian hingga barang fashion harus menyertakan form dokumen yang ada di halaman per negara di website ini. Jangan lupa mengontak customer service Kilo.id setelah form tersebut diisi. 

Berapa Ongkos Kirim Baju ke luar negeri?

Untuk kuantitas, Kilo.id menerima pengiriman dalam jumlah satuan, grosiran, kodian hingga kuantitas besar barang-barang seperti baju, celana, jaket, topi dan lainnya. Harga pengiriman terjangkau, bisa dicontohkan salah satunya estimasi ongkir ke taiwan mulai dari harga 80 ribu per kilonya. Pengiriman ke negara lain juga dikenakan tarif normal. Pengiriman baju ke Filipina menjadi yang terbanyak dalam hal ini, namun pengiriman baju ke Singapore tidak kalah jumlahnya dan cukup bersaing.

Bagaimana prosedur kirim baju ke luar negeri?

Anda hanya perlu mengisi formulir ekspor maupun impor yang bisa Anda dapatkan di halaman per negara di website ini. Isi dengan sebenar-benarnya formulir commercial invoice dan packing list. Setelah itu Anda kirim melalui pesan WhatsApp kepada CS Kilo.id. Tunggu sampai pesan dibalas, kadang memakan waktu 1x24 sampai CS kami memeriksa dokumen yang Anda kirim. Pertanyaan seputar pengiriman dapat diajukan, serta jika Anda perlu dalam jumlah banyak akan diarahkan kepada pilihan paket pengiriman terbaik Kilo.id.

Mengapa Kirim Baju atau Pakaian Lewat Kilo.id?

Kilo.id punya jasa tracking shipment, dimana Anda dapat mengecek keberadaan paket Anda setelah barang diserahkan kepada kurir. Layanan pick up Kilo.id mampu menjangkau alamat pengirim dan alamat penerima hanya melalui pesan WhatsApp. Simpan nomor kami yang tersedia di pojok kanan atas. Anda hanya perlu menunggu paket Anda dijemput oleh kurir berpengalaman setelah menyelesaikan administrasi bersama dengan customer service Kilo.id. Pelayanan didukung oleh transfer rekening perusahaan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanan dengan menitipkan barang Anda dikirim menggunakan layanan kami. 

Jika Anda mengirim baju karena harus berpindah lokasi tempat tinggal ke luar negeri dan butuh jasa pindahan barang dari luar negeri atau pun ke dalam negeri. Kilo.id juga dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pengiriman yang akan menyusul.

Pastikan ketika Anda mengirimkan barang, penerima barang sudah mengetahui bahwa barang dikirim. Pengiriman ke luar negeri kadang membutuhkan koordinasi berupa penanganan pajak yang ditanggung oleh pihak penerima. Tanya mengenai besaran pajak negara tujuan Anda, setiap negara memiliki ketentuan pajak hingga regulasi yang berbeda-beda. 

Bagaimana agar pengiriman baju Anda aman?

Pelajari cara mengemas dan mengirimkan pakaian dengan benar dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

  1. Pastikan semua pakaian Anda terlindungi dengan baik sebelum paket diambil untuk mengirimkan pakaian. Mengetahui cara mengemas pakaian untuk pengiriman ke luar negeri sangat penting untuk memastikan keamanan pengiriman Anda.

  2. Lipat pakaian sedatar mungkin dan dalam bentuk yang mudah dimasukkan ke dalam kotak.

  3. Amankan setiap bagian yang longgar. Sabuk yang dapat dilepas seperti ritsleting, kancing yang lebih besar atau hiasan lainnya harus dilepas sebelum dikirim atau diamankan. Anda bisa membungkusnya dengan bubble wrap atau memasukkannya ke dalam kantong plastik.

  4. Tambahkan bantalan ekstra. Gunakan bubble wrap yang akan membantu mencegah kerusakan air. Anda juga dapat menggunakan kantong plastik atau amplop berlapis.

  5. Masukkan barang-barang pakaian yang dibungkus ke dalam kotak. Saat pakaian Anda dikemas dengan rapi, Anda dapat menambahkan beberapa bantalan ekstra untuk membuat T-Shirt dan sweater favorit Anda lebih aman. 

  6. Segel paket Anda dengan solatip yang aman.

Apa langkah yang harus dilakukan agar pengiriman bisa lebih cepat?

Pertama, sebelum menunggu pesan pertama Anda dibalas, isi formulir pengiriman yang tersedia di halaman website tiap negara. Masukkan data selengkap-lengkapnya, jangan lupa tulis nama brand baju Anda jika ada lalu masukkan harga per tiap produk di packing list. Kelengkapan data ini akan dicek kembali oleh tim kami. Kirim form sebelum dijawab oleh CS akan mempercepat proses pemeriksaan sebelum Anda membayarkan ongkis kirim baju ke luar negeri. Keputusan barang hendak akan dikirim atau tidak, bersumber dari data yang Anda tuliskan. Jika terdapat lartas atau barang yang dilarang kirim, CS Kilo.id akan menginfokannya pada Anda. 

Kedua, setelah barang lolos tahap pemeriksaan, selanjutnya Anda akan membayar sebelum barangnya dikirim. Barang yang sudah dibayar akan lanjut dipickup oleh kurir dari Kilo.id. Tunggu 2x24 jam sampai barang Anda dipick up. Terkadang Anda harus menunggu sampai pesan Anda dibalas, namun tenang saja, dengan melakukan transaksi lebih awal maka pengiriman pakaian Anda akan lebih diprioritaskan.

Ketiga, ikuti langkah yang disarankan pesan otomatis jika CS belum membalas dalam jangka waktu tertentu. Dengan layanan pengiriman ECO, PrioRity, Premium, kamu dapat mengirim paket dengan estimasi waktu pengiriman yang lebih cepat hanya 3-5 hari. Saat ini layanan pengiriman paling cepat dapat ditempuh selama 2 hari saja. Namun jika Anda mengirim dalam jumlah banyak, estimasi pengiriman paling cepat terhitung 5-7 hari menggunakan layanan Air Cargo yang terdapat di pilihan website kilo.id.

Bahaya menyeludupkan barang yang telah dilarang

Untuk impor sangat dilarang mengirim berupa baju bekas atau pakaian limbah. Sejak tahun 2009, pakaian bekas impor sudah dinyatakan sebagai barang ilegal dan dilarang masuk ke Indonesia. Berdasarkan ketentuan yang berlaku, sudah banyak pelaku tindak pidana penyelundupan yang dikenai sanksi pidana seperti pada bulan Februari tahun 2018 yaitu misalnya kasus Ridwansyah Bin Palewi dengan petikan putusan Nomor 390/Pid.B/2017/PN Pal, Nahkodah KM Mega Buana terdakwa kasus penyelundupan pakaian bekas asal malaysia sebanyak 480 (empat ratus delapan puluh) bale. Di vonis 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan dan denda sejumlah Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah). 

Tindakan yang melanggar hukum akan dengan mudah diketahui oleh petugas pengiriman yang sudah profesional dalam pengecekan barang. Jika ditemukan barang yang tidak sesuai dengan informas yang dicantumkan di dalam packing list, maka sepenuhnya tanggung jawab akan dibebankan kepada pihak pengirim. 

Barang larangan yang terseludup masuk dalam paket tidak hanya akan dihancurkan oleh petugas, namun akan terdapat kelanjutan penyidikan oleh pihak berwenang. Diharapkan untuk mengirimkan pakaian fashion dengan kualitas baik, berstatus hukum jelas, original, tidak melanggar kepabeanan serta dapat dipertanggung jawabkan oleh pihak pengirim maupun penerima.