Ekspor Kerajinan Kayu, Kerajinan Rotan, dan Kerajinan Hutan

Indonesia memiliki kerajinan hutan yang menarik minat pasar internasional.

Meningkatnya permintaan hasil kerajinan rotan dari luar negeri membuat para pengrajin sering kebanjiran order. Untuk tahap awal, biasanya para eksportir akan diminta sampel dari calon pembeli. Untuk itu, Kilo.id hadir membantu Anda mengirimkan kayu atau rotan yang sudah dipahat serta dicat melalui jasa kurir pengiriman global. Kerajinan hasil hutan ini memiliki nilai valuasi yang lebih tinggi dari hanya sekadar bahan baku. Untuk itu, kerajinan kayu menghasilkan nilai jual lebih tinggi juga.

Jenis-Jenis Produk Kehutanan Yang Paling Laris Di Kancah Internasional

  1. Sepatu dan Sendal Etnik: Terutama yang diukir dengan tangan, berbahan dasar rotan. Agak tidak menyakiti kaki biasanya tetap dilapisi dengan bahan pada tapak.
  2. Anyaman Tikar: Barang yang satu ini bisa terlihat astetik bila dipadukan dengan ornamen lain pada interior rumah bernuansa alam. Selain tikar, karpet juga cukup popular sebagai komoditas ekspor. Fungsinya yang dapat memberikan alas nyaman menjadi daya tarik bagi pasar konsumen di negara Amerika dan Eropa. 
  3. Pelengkap kebutuhan dapur: Dengan populernya budaya eco-living semakin membuat para konsumen khususnya di negara-negara maju mengubah gaya hidup menjadi lebih pro pada lingkungan. Caranya adalah dengan menggunakan produk yang bisa di daur ulang. Dengan begitu, pilihan pada alat makan berbahan kayu cukup tinggi di pasar.
  4. Kap Lampu: Tempat nongkrong kekinian banyak di desain dari anyaman rotan, kayu maupun bambu. Kap lampu menjadi pilihan karena dapat memancarkan cahaya maksimal dari sumber cahaya. Adapun kerajinan ini menjadi daya tarik beli para pemilik usaha di luar negeri yang menyukai produk olahan Indonesia yang alami dan menyejukan. 
  5. Hiasan Dinding: Ornamen pahatan Suku Dayak adalah contoh karya yang dianggap memiliki nilai warisan yang tinggi. Para pelancong dari berbagai negara berbondong-bondong datang mencari hasil karya otentik milik para pengrajin lokal. Apabila ini dipasarkan ke luar negeri, maka para pembeli hanya perlu mengirim saja dari Indonesia oleh para eksportir dalam negeri.
  6. Furniture: kebutuhan akan lemari, meja belajar serta cabinet merupakan elemen rumah yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karya dari para pengrajin lokal kini semakin begitu kreatif memadupadankan desain dengan kebutuhan masyarakat global. Furnitur anyaman rotan jadi primadona pasar luar negeri. Nilai ekspor bisa lebih dari US$ 110 juta, cukup fantastis dan memungkinkan selalu meningkat setiap tahun.

Negara-Negara Yang Memiliki Minat Tinggi Pada Produk Kehutanan Indonesia

1. China

Negeri tirai bambu menggantungkan pasokan kayu dari Indonesia yang dinilai memiliki kualitas baik dalam segi harga maupun ketahanan. China sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, bangunan (perumahan, kantor dan pabrik) dan fasilitas umum lainnya untuk memacu pertumbuhan dan peningkatan ekonomi nasionalnya.

 Adapun olahan lainnya dapat digunakan sebagai proses penggergajian dan proses penyerpihan (chipping) kayu untuk bahan industri kertas, juga disertai pengangkutan barang produksi pertanian dengan kendaraan yang sederhana yang dapat dibuat di dalam negeri. Oleh karena itu dengan finishing product yang baik mereka sanggup bersaing di pasar domestik maupun global. 

China menjadi pasar utama yang perlu dijadikan target oleh industri perkayuan nasional dalam melaksanakan penjualan (ekspor) produk-produk kayunya karena volume impor yang demikian tinggi untuk produk kayu gergajian, panel kayu, pulp untuk kertas, kertas dan papan kertas.

2. Jerman

Kemungkinan untuk menambah atau meningkatkan ekspor produk kayu ke Negara Jerman masih terbuka peluangnya untuk produk-produk kayu seperti produk kayu gergajian, panel kayu, pulp untuk kertas, dan kertas dan papan kertas. Sedangkan volume ekspor produk kayu gergajian Indonesia ke Jerman mencapai rata-rata sebesar 35.700 metrik ton dan 19.340 metrik ton. 

Kebutuhan kayu untuk kebutuhan pembangunan sangat tinggi, saat ini Indonesia mengekspor kayu masih kebanyakan barang mentahan bukan yang sudah dibuat kerajinan bernilai tinggi.

3. Jepang

Potensi kayu di hutan Jepang sebesar 145 m3 /ha dengan total potensi kayu sebanyak 3,49 miliar m3, Jepang memiliki hutan tanaman seluas 10.682.000 ha dengan perubahan tutupan hutan tahunan (forest cover change) seluas 3.000 ha.

Perkiraan produksi kayu bakar (wood fuel), kayu bulat industri (industrial roundwood), kayu gergajian (sawnwood), panel-panel kayu (wood based panels), bubur kayu untuk kertas (pulp for paper), dan kertas dan papan kertas (paper and paperboard) di negara Jepang sangat tinggi. kemungkinan untuk menambah atau meningkatkan ekspor produk kayu ke Negara Jepang masih terbuka peluangnya untuk produk-produk kayu seperti produk kayu gergajian, panel kayu, pulp untuk kertas, dan kertas dan papan kertas.

4. Uni Eropa

Saat ini negara yang tergabung dalam Uni Eropa sebanyak 39 negara yang berada di wilayah Eropa Timur dan Barat. Dalam pembahasan pasar kayu dipilih negara-negara EU dengan GDP per kapitanya yang tertinggi sebagai indikator negar-negara potensial untuk tujuan ekpor produk Indonesia, diantaranya: (i) Austria (US$ 31.187), (ii) Irlandia (US$ 38.864), (iii) Denmark (US$ 39.497), (iv) Norwegia (US$ 48.881), dan (v) Swedia (US$ 33.925)

Uni Eropa (UE) telah memberikan suatu fasilitas bebas bea masuk impor atas kayu lembaran (wood sheet) dari Indonesia. Rendahnya bea masuk impor atas plywood Indonesia diberikan berdasarkan program fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) negara berkembang. Volume ekspor produk kayu lapis Indonesia ke Inggris, Belgia dan Luxemburg mencapai rata-rata sebesar 97.375 m3 dan 84.622 m3 dan terus bertambah.

Tuntutan Ekspor Produk Kehutanan Indonesia

Dalam upaya peningkatan ekspor, asosiasi lingkup kehutanan terus bersinergi untuk memperkuat market intelligence dan digital marketing dan e-commerce. Di samping itu, langkah diplomasi juga bisa dengan menjalin dialog intensif dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negara tujuan ekspor utama Indonesia.  Saat ini, upaya menggenjot ekspor penggunaan kayu dan olahannya untuk domestik perlu didorong. Diusulkan antara lain melalui procurement policy penggunaan kayu alam berbasis Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). 

Agar kayu alam dan produk olahannya bisa bersaing adalah dengan produk luar, maka diharapkan adanya inovasi pengrajin kayu agar hasil olahan kayu dapat dijual dengan nilai yang tinggi.

Cara Menarik Minat Pasar Luar Negeri

Permintaan kayu dari pasar luar negeri cukup tinggi, saat ini mencapai angka US$7,17 miliar nilai ekspor. Upaya meningkatkan produktivitas dan efisiensi pemanfaatan hutan alam harus didukung insentif kebijakan yang tepat sasaran. Jika sudah memiliki keunggulan tersebut, maka tidak sulit menarik minat pasar mancanegara dalam melirik produk kerajinan dari Indonesia. Berikut adalah cara agar pembeli dari luar negeri melirik produk Anda:

1. Memiliki standar kualitas yang oke 

Kualitas sangat menentukan produk Anda dapat diterima secara global. Biasanya jika berupa barang elektronik, garansi dan layanan after sales akan dipertanyakan. Sebelum itu paling utama adalah rekomendasi dari mulut ke mulut. Jika sudah ada yang dapat memberikan rekomendasi cuma-cuma kepada produk Anda karena merasa puas, tentu saja ini bisa jadi pertanda bahwa kualitas produk Anda dapat mengudara lebih tinggi lagi.

2. Dapat memenuhi kebutuhan pasar global

Ada permintaan maka ada kebutuhan. Mulailah melakukan riset pasar yang sekiranya saat ini dibutuhkan oleh para importir dari negara luar. Importir luar akan mencari produk yang inovatif maupun otentik yang berasal dari negara tersebut. Ambil contoh China sebagai negara ekportir terbesar, karena China mampu menyuplai produk inovatif dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari alat kebutuhan rumah tangga hingga alat elektronik China menjadi primadona para pembeli dari seluruh dunia. Selain harga yang murah, produk China dinilai memiliki banyak pilihan ketimbang dari negara lain. Contoh lain adalah negara Korea Selatan yang cukup otentik dalam memberikan karakter yang bisa dijual global, maka dari itu industri hiburan di Korea Selatan menanjak naik didukung dengan nilai otentik k-wave yang tertanam di hati para idola di seluruh dunia.

3. Menjaga ketersediaan produk aman

Memastikan jika produk kita sudah mulai dipasarkan terdapat permintaan barang tersebut, sudah siap dikirim atau siap dikerjakan. Ketersediaan produk juga berfungsi apabila terdapat tukar barang yang kurang sesuai dengan arahan pembeli. Berfungsi juga apabila terdapat order dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Menampilkan produk secara online

Di jaman sekarang seluruh pekerjaan bisa dipermudah dengan bantuan daring (online).  Tidak ada salahnya coba membuat katalog belanja di media sosial. Dengan modal tambahan, Anda bisa membuat website laman Anda dengan menggunakan transaksi langsung baik melalui e-commerce maupun jaminan kirim dari website yang sudah didevelop.  Saat ini hampir seluruh sektor sudah dipindahkan dalam bentuk online, khususnya sejak tahun 2020 kasus Covid-19 meningkat. Daya beli masyarakat semakin meningkat melalui belanja daring.

5. Memastikan jalur distribusi lancar

Sewaktu-waktu dibutuhkan pengiriman dari pembeli luar, Anda harus sudah menyiapkan term pembayaran khusus serta kurir pengiriman. Kilo.id bisa jadi pilihan Anda mendapatkan harga kiriman yang terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan dengan pengiriman lain. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasarkan produk ke seluruh dunia, dengan layanan Kilo.id barang Anda bisa tiba di negara tujuan dalam waktu yang singkat. 

Cara Menghubungkan Dengan Pembeli Kredibel Dari Luar Negeri

Sejak dulu hingga sekarang, kekuatan relasi tidak akan tergantikan meskipun terjadinya pergeseran gaya hidup dari yang suka berbelanja langsung kini berpindah ke digital. Relasi ada kaitannya dengan kepercayaan sehingga cara memupuknya adalah dengan terus aktif mencari tahu dan mau beradaptasi di lingkungan dinamis dengan cepat.

1. Mendatangi Pameran Expo

Setiap setahun sekali, terdapat pihak yang biasa melaksanakan acara tahunan seputar impor maupun ekspor yang dinaungin swasa maupun negeri seperti Kementerian Perdagangan atau Kementerian Luar negeri. Dengan aktif mencari informasi baik secara online atau melalui koran, Anda bisa mulai dengan terlibat dalam acara sejenis ini. Selanjutnya, Anda akan bertemu dengan banyak booth yang menjajakan kerjasama dalam bentuk business to business (B2B). Anda juga bisa berpartisipasi dengan mendaftarkan diri pada kegiatan, baik dalam pembukaan booth (apabila Anda sudah memiliki budget untuk sewa) maupun mengikuti jalannya kegiatan.

2. Turut aktif mengikuti kegiatan Focus Group Discussion dari komunitas industri tersebut

Ini adalah langkah lanjutan yang sifatnya pro-aktif. Jika Anda sudah mengikuti berbagai pameran, seminar dan tergabung dalam grup khusus, biasanya Anda dapat menjangkau kegiatan yang sifatnya khusus atau berupa undangan. Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Anda akan bertemu dengan pembicara yang dapat memberikan langkah strategis pada usaha maupun bisnis Anda terkait proyeksi atau market yang bagus di masa depan. Ada pula Anda bisa direkomendasikan untuk bekerja sama pada perusahaan yang sedang membutuhkan keahlian atau produk Anda di pasaran.

3. Menggunakan Bahasa Inggris pada website maupun media sosial

Apakah kamu ingin menjagkau pasar sampai ke mancanegara? Saat ini sudah seperti tidak ada batas antar dunia. Semua bisa terkoneksi melalui jaringan internet. Jika target Anda adalah menjangkau audiens serta pembeli dari luar negeri, usahakan menggunakan Bahasa Inggris di setiap jasa Anda. Ini berlaku juga dalam menggunakan website, pastikan bisa dibuat bilingual. Adapun yang tidak bisa dipisahkan adalah sistem pembayaran, gunakan mata uang US$ dalam mematok harga tersebut.

4. Membuat SEO di google dengan menyebut nama negara tujuan

Bagaimana caranya agar para calon pembeli dapat dengan mudah menemui Anda secara randon? Menggunakan pola kekuatan meta tag dan keyword yang benar di mesin pencari adalah kekuatan bisnis daring. Search Engine Optimization (SEO) tidak boleh dipisahkan dari toko daring Anda. Gunakan jasa optimasi website demi meningkatkan penjualan. Semakin banyak yang mengetahui keberadaan toko Anda maka akan semakin banyak terjadinya convert pada nilai transaksi penjulan.

5. Mengirimkan sampel pada perusahaan luar negeri yang sedang membutuhkan pasokan

Bisa jadi setelah Anda mendapatkan satu nama industri sangat berminat menjadi vendor atau mitra dari usaha tersebut? Kirimkan terlebih dahulu sample kerajinan Anda melalui jasa Kilo.id. Kerajinan kayu, rotan serta turunannya yang sudah diolah menjadi barang bernilai tinggi sangat berpotensi meningkatkan margin penjualan Anda apabila kelanjutannya pembeli Anda melakukan repeat order. Caranya adalah dengan menghubungi perusahaan tertuju dan berbincang bahwa Anda akan mengirimkan sampel dan siap untuk memenuhi prosedur yang nantinya akan diberikan.

Impor sampel kerajinan kayu/rotan/hutan dari luar negeri

Peraturan mengenai ketentuan impor produk kehutanan diatur oleh dua peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Oleh karena itu, jumlah dan ketentuannya harus diperhatikan. Untuk produk kehutanan diwajibkan produk dalam bentuk jadi seperti jam tangan berbahan kayu atau hiasan. Perlunya mengurus ijin impor dapat diakses pada laman website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan