Cara Praktis Kirim Barang Ke Malaysia Via Laut

Pengiriman volume besar gunakan pilihan Air Cargo di halaman negara Malaysia.

Kilo.id - 17/11/2021, 17:17 WIB

Bagikan:

Cara praktis kirim barang ke Malaysia via laut hemat dan mudah adalah dengan memberikan muatan yang besar dalam satu pengirimannya. Semakin besar kubikasi yang dikirim maka harga semakin lebih hemat. 

Jika Anda adalah perorangan yang memulai usaha, atau perusahaan yang tengah mendatangkan kiriman dalam jumlah banyak, gunakan pilihan via laut agar lebih mudah untuk pengurusan ijin serta memasukan barang ke negara tujuan. 

Anda bisa mengecek pilihan Air Cargo di setiap halaman per negara di website Kilo.id, harganya jauh lebih murah ketimbang paket pilihan pengiriman yang lain. Selain hemat, pilihan Air Cargo juga efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi biaya yang dibebankan untuk persediaan barang maupun pergudangan. Pengiriman ke tempat tujuan dengan cepat dan tepat waktu dengan biaya yang sangat efisien.

Keunggulan Kirim Barang ke Malaysia Via Jalur Laut

Pengiriman via laut adalah akses terlengkap mengirimkan barang apa saja untuk sampai masuk ke lintas negara. Mengirim barang via laut juga memudahkan kirim paket dalam kuantitas besar. Untuk Malaysia, pengiriman terbuka ke wilayah seperti Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Pulau Pinang, Sabah, Sarawak, Selangor, dan Terengganu. 

Apa saja yang bisa dikirim melalui pengiriman via laut?

Hampir semua jenis pengiriman alat berat, kendaraan bermotor, bahan kimia, bahan makanan, pakaian, kebutuhan rumah tangga dan apapun yang jumlahnya mencapai 1 cbm/m3 atau lebih bisa dikirim melalui jalur laut. Jika Anda mengalami kendala pengurusan izin mengirim barang, silahkan konsultasikan dengan Kilo.id. Anda bisa coba membaca artikel di sana seputar kebutuhan pengiriman Anda, misalnya jika Anda tertarik kirim pakaian ke luar negeri

Anda bisa mengirim lebih banyak pilihan melalui jalur laut ketimbang jalur udara karena pengurusan izin jalur laut tidak terlalu memakan waktu dan biaya yang neko-neko. Anda hanya cukup menginformasikan kepada cs kami bahwa Anda membutuhkan pengiriman sebanyak sekian kilogram, serta mengisi form yang ada di halaman ekspor negara Malaysia.

Berapa lama pengiriman via laut untuk sampai ke Malaysia?

Waktu tempuh menuju Malaysia untuk kota Kuala Lumpur, Selangor dan Johor Bahru paling cepat bisa 5-7 hari atau 2-3 minggu dari sejak keberangkatan kapal. Minimum pengiriman adalah 1 cbm  atau 1 meter kubik. Jika Anda memutuskan untuk mengirim dalam jumlah sangat banyak, jalur laut untuk kedua negara ini  juga dilakukan dengan sistem door to door service. Anda cukup menghubungi kami untuk melakukan pengiriman barang dan akan diantarkan sampai ke  alamat tujuan. Solusi memindahkan barang antar negara yang mudah dan cepat.

Ekspor barang dari Malaysia lebih murah lewat jalur laut

Angkutan laut tersedia lebih banyak ruang. Hampir tidak ada batasan untuk pengiriman melalui kapal/cargo. Kirim barang ke Malaysia via laut fleksibilitas dalam hal ruang, dimensi dan berat. Semua jenis produk, barang berbagai ukuran dan berat bisa dikirim melalui angkutan laut.

Tips Keamanan Pengiriman Jalur Laut 

Pengiriman barang via laut mempunyai dua rute, linier dan tramper. Kapal dengan rute linier selalu dipatok biaya, tujuan dan jadwal tetap dan ini memudahkan Anda untuk memperkirakan estimasi waktu dan tarif dari awal. Jika kapal tramper maka jadwal, tujuan serta biaya selalu berubah ubah dipengaruhi oleh berbagai faktor tertentu. Kilo.id dapat memberikan layanan praktis tanpa Anda harus pusing memilih jenis kapal apa yang cocok untuk pengiriman Anda. Kami bisa memberi solusi pengiriman yang mudah, cepat dan aman. Maka dari itu, berikut tips agar Anda dapat lebih yakin barang Anda bisa sampai ke lokasi secara tepat waktu.

  1. Menyediakan dokumen pelengkap sesuai barang yang dikirim

Sebelum melakukan kirim barang ke Malaysia via laut, pengirim barang harus melengkapi dokumen-dokumen seperti foto copy KTP, NPWP, serta SPPKP. Hal ini berfungsi untuk mempermudah proses administrasi jika terdapat komponen yang diperlukan dengan cepat pada saat pengiriman.

Ketika terdapat satu dokumen yang tak dilengkapi dengan baik, tentunya Anda akan mendapatkan masalah pengiriman yang berujung pada buang-buang uang serta waktu yang sudah digunakan dalam proses pengiriman barang ini.

Biasanya dibutuhkan dokumen pelengkap seperti Bill of Landing juga yang tertulis jelas nama shipper, consignee, notify party, commodity, jumlah package dalam container, no container/seal, term of shipment dan sebagainya.

Namun jangan khawatir jika Anda mengirim menggunakan jasa Kilo.id maka Anda hanya perlu mengurus dokumen yang simple-simple saja, sisanya akan dibantu oleh tim CS Kilo.id.

  1. Packing kokoh

Syarat agar bisa memastikan packing Anda kokoh adalah dengan memperhitungkan barang dengan kemasan yang digunakan. Selalu ukur beban berat maksimal suatu kemasan yang sesuai dengan beban yang mampu ditopang oleh kemasan tersebut. Cari juga harga kemasan yang sesuai dengan harga barang itu sendiri, jangan sampai terlalu menghemat sehingga resiko barang Anda pecah atau hilang semakin tinggi. 

Kekuatan dari kemasan sangat mempengaruhi bagaimana packing menopang barang Anda sehingga barang terhindar dari kerusakan. Perlu diingat bahwa dalam suatu kapal, akan banyak sekali bertemu barang lain sehingga potensi tergencet atau barang berpindah itu besar. 

  1. Patuhi peraturan pengiriman

Yang tidak kalah penting, cari tahu regulasi permintaan izin yang berlaku agar barang anda dapat dikirim dengan aman sampai ke tempat tujuan. Misalnya jika Anda hendak mengirimkan barang berkategori dangerous goods yang merupakan barang dengan kategori berbahaya. 

Keadaan ini tentunya membutuhkan penanganan khusus dalam proses pengiriman. Produk ini memiliki ketentuan pengiriman yang berbeda dengan produk lainnya. Barang Dangerous Goods biasanya adalah Bahan yang mengandung gas, mudah meledak, mudah terbakar, mengandung kimia dan mengandung racun. 

Dokumen yang harus anda siapkan ketika mengirim produk Dangerous Goods antara lain: MSDS (Material Safety Data Sheet) Surat Perintah Muat Surat Jalan Surat Kuasa

  1. Pilih jasa kurir kirim yang terpercaya

Sering kali Anda bertanya-tanya bagaimana bisa mengetahui bahwa jasa kirim tertentu bisa dipercaya? Pertama pastikan ketika Anda mengetik di mesin pencari, keluar artikel di media massa yang memberitakan seputar jasa kirim tersebut. Jika jasa pengiriman sudah diberitakan artinya jasa tersebut cukup kredibel. Tidak berhenti sampai di situ, misalnya Anda ketik Kilo.id di YouTube sudah banyak pengguna layanannya yang membagikan cerita pengalaman seputar jasa kirim Kilo.id.

Kedua, pastikan bahwa media sosial dan website jasa kirim tersebut aktif. Di zaman serba canggih seperti ini sudah jarang ada jasa kirim kredibel yang tidak memiliki identitas online. Anda bisa tracking bagaimana kepuasan pelanggan melalui rating yang ada di media sosial dan mesin pencari.

Ketiga, pahami bahwa jasa kirim yang kredibel kadang tidak bisa terlalu cepat membalas pesan setelah baru semenit saja Anda kirim. Tunggu dalam waktu 1x24 jam sampai pesan Anda dibalas. Atau jika Anda butuh cepat, silahkan unduh terlebih dahulu form melalui halaman negara Malaysia dan isilah commercial invoice beserta packing list secara benar.

Artikel Lainnya

Video