Biaya Tambahan Pengiriman Internasional

Bagaimana cara mengetahui adanya tambahan biaya pengiriman?

Seperti yang umumnya terjadi, pengiriman internasional mengharuskan pengirim atau penerima membayar pajak dan bea, tergantung pada nilai pengiriman dan peraturan negara. Ada kalanya para pengirim perlu memperhatikan biaya tambahan lain yang mungkin terjadi. 

Dalam panduan ini, Anda akan menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang biaya tambahan pengiriman internasional.

Apa itu biaya tambahan pengiriman internasional?

Biaya tambahan merupakan biaya di luar jasa kirim utama yang harus dikeluarkan oleh pengirim barang selain berdasarkan kota atau negara tujuan maupun berdasarkan berat atau volume dari barang yang akan dikirim. 
Misalnya, ketika Anda membayar biaya kiriman ke Australia sebesar Rp 900 ribu untuk ongkos kirim. Bisa saja terdapat biaya tambahan seperti Covid Surcharge senilai 3% dari total harga barang.

Siapa yang dapat memberikan informasi terkait adanya biaya tambahan?

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan detil terkait rencana kiriman, silahkan whatsapp ke nomor 0817100095.

Dengan syarat dan ketentuan:

  • Pengirim wajib memastikan bahwa daftar barang kiriman yang di deklarasikan di invoice dan packing list sesuai dengan aktual barang yang dikirim. 

  • Apabila terdapat temuan barang yang tidak dideklarasikan di invoice dan packing list, maka dianggap sebagai tindak penyelundupan dan segala konsekuensi yang timbul baik material maupun nonmaterial menjadi tanggung jawab pengirim dan pihak berwenang berhak melakukan penyitaan barang kiriman. 

  • Kilo.id tidak mentoleransi adanya tindak penyelundupan, dengan alasan terbawa maupun tidak disengaja. 

  • Berat tertagih biaya pengiriman diambil yang terbesar antara berat barang atau dimensi (volumetrik). 

  • Barang kiriman akan ditimbang dan diukur ulang setibanya di Jakarta dan apabila terdapat selisih, maka akan ditagihkan kepada customer sebelum dilakukan pengiriman ke alamat penerima.

Apa saja biaya tambahan pengiriman yang paling sering ada di Kilo.id?

  1. Covid surcharge, sekitar 3% dari total biaya biaya pengiriman selama masa Pandemi Covid-19.

  2. Biaya remote area apabila dibutuhkan.

  3. Surcharge oversize akibat kelebihan muatan akan infokan ketika sudah mendapatkan detil dimensi kiriman. Umumnya dimensi diatas 100cm akan dikenakan biaya oversize.

  4. Biaya charge electronic items yang mengikuti standar ketetapan internasional yang berlaku (tidak semua negara).

  5. Handling fee untuk kebutuhan keamanan kiriman impor khusus air cargo senilai kurang lebih 700 ribu rupiah.

Mengapa ada biaya tambahan pada suatu barang?

Barang yang dikirimkan harus dipastikan tidak membahayakan dan bisa dipertanggung jawabkan pada saat sampai di tempat tujuan. Faktor lingkungan dan situasi juga bisa menjadikan adanya biaya tambahan tertentu mengikuti standar ketetapan nasional maupun internasional. 

Secara general terdapat beberapa biaya tambahan untuk pengiriman internasional:

  1. biaya fuel surcharge

Penurunan atau kenaikan biaya fuel surcharge dikarenakan adanya penyesuaian dengan harga pasar minyak dunia. Penetapan fuel surcharge bukan ditentukan Kilo.id sepihak, namun mempertimbangkan ketetapan yang diterapkan secara global. Biaya fuel surcharge ini dapat disesuaikan dari tujuan pengiriman, jenis pengiriman, cara pengiriman, maupun bentuk pelayanan. 

Masing-masing negara memiliki patokan harga pasar minyak dunia. Pengiriman barang berasal dari Indonesia atau Thailand dengan tujuan sama misalnya ke Paraguay, biaya fuel surchargenya belum tentu memiliki nilai yang sama. Contohnya jenis pengiriman cargo dan dan jenis pengiriman kurir memiliki biaya fuel surcharge yang berbeda. 

Untuk menyamarkan biaya pengiriman ini ada 2 cara. Cara pertama biaya fuel surcharge dipisahkan dengan biaya pengiriman, sehingga biaya pengiriman terlihat lebih ekonomis. Cara kedua biaya fuel surcharge sudah dimasukkan ke dalam biaya pengiriman, sehingga biaya pengiriman menjadi lebih tinggi.

  1. biaya remote area

Biaya ini ditentukan oleh jangkauan wilayah hantaran pengiriman di kota atau negara tujuan. Biaya remote area ini berlaku untuk tujuan pengiriman dalam negeri dan luar negri. Besarnya biaya tersebut dapat bervariasi untuk setiap tujuan pengiriman. Dalam biaya pengiriman biasanya yang menjadi kota tujuan adalah kota-kota besar, untuk pengiriman ke kota kecil akan dikenakan biaya terusan, biaya terusan inilah yang dinamakan biaya diluar jangkauan pengiriman. 

Contohnya biaya pengiriman ke Surabaya misalnya sebagai kota utama pasti akan berbeda dengan biaya pengiriman ke Banyuwangi, walaupun Banyuwangi masih termasuk Jawa Timur tetapi bukan Ibukota provinsi. Biaya remote area juga berlaku untuk pengiriman ke luar negri, walaupun dalam pengiriman barang ke luar negeri jika memang kode pos dan kecamatannya memang diluar jangkauan. 

Maksud dari diluar jangkauan adalah pelayanan yang diberikan oleh jasa pengiriman hanya sampai di wilayah tertentu saja, melebihi wilayah tersebut perusahaan jasa pengiriman bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman lokal di wilayah tersebut untuk meneruskan hantarannya hingga ke alamat yang dituju, atau dengan kata lain menggunakan jasa pihak ketiga. 

Maka jangan terkejut jika biaya remote area ini justu lebih mahal dari biaya pengiriman, mungkin bisa mencapai USD 20 per satu kali pengiriman. Untuk itu sebelum pengiriman dokumen atau barang dilakukan, ada baiknya dipastikan terlebih dulu apakah alamat tujuan termasuk dalam wilayah remote area atau tidak, jika termasuk dalam wilayah tersebut siap-siap saja dengan biaya tersebut.

  1. biaya surcharge kelebihan muatan

Kelebihan muatan dalam 1 box/peti/palet/kemasan berlaku untuk tujuan pengiriman dalam negri dan luar negri. Ketentuan mengenai maksimal ukuran berat dalam 1 box tersebut bukan ditentukan pihak Kilo.id, melainkan oleh masing-masing maskapai penerbangan dan disesuaikan dengan peraturan IATA (International Air Transport Association). 

Dapat diambil contoh jika dalam 1 box pengiriman ke Indonesia kurang dari 60 kilo tidak akan dikenakan biaya kelebihan muatan, tetapi jika dalam 1 box pengiriman lebih dari 60 kilo akan dikenakan biaya kelebihan muatan. Besarnya biasa surcharge kelebihan muatan ini tergantung dari interval yang ada dalam 1 box, biasanya berkisar dari 25% hingga 100% dari harga pengiriman. 

  1. biaya surcharge untuk kiriman barang berbahaya (dangerous goods)

Biaya yang terjadi akibat barang yang dikirim mengandung zat tertentu. Penentuan barang yang akan dikirim ini tergolong berbahaya atau tidak diperlukan penelitian sebelum barang dimasukkan ke dalam armada pemberangkatan barang, dan penelitian ini didukung oleh adanya dokumen dari pengirim biasanya dikenal dengan nama MSDS (Material Safety Data Sheets).

Maka dari itu, Kilo.id Tidak semua barang yang memiliki MSDS itu tergolong dalam kiriman barang berbahaya, untuk itu perlu diteliti terlebih dulu. Barang yang termasuk dalam kategori ini biasanya berbentuk cairan dan serbuk. Besarnya biaya tersebut mencapai 2 kali lipat dari harga pengiriman.

  1. biaya asuransi barang

Perlu menambahkan jika barang yang akan dikirim tergolong barang mewah dan membutuhkan sedikit perhatian dari pihak pengirim untuk keselamatan barang tersebut. Penentuan biaya asuransi barang ini tidak ditentukan oleh perusahaan jasa penerbangan melainkan oleh perusahaan jasa asuransi penerbangan, dan hal ini juga tergantung keinginan dan kebutuhan dari pengirim atau penerima barang, biasanya diadakan perjanjian terlebih dulu antara pengirim dan penerima barang, apakah pengiriman barangnya akan dimasukkan asuransi atau tidak. 

  1. biaya packing

Hal ini tergantung pada jenis kirimannya. Jika kirimannya berisikan barang yang mudah pecah agar aman sampai tujuan diperlukan packing ulang menggunakan kayu atau palet, atau bisa juga maskapai penerbangan menyediakan box yang sesuai dengan standar IATA, atau bisa juga perusahaan jasa penerbangan yang menyediakan jasa packing kemudian mengenakan biaya ini kepada kiriman yang membutuhkan packing ulang. 

Biaya ini berlaku untuk tujuan pengiriman dalam negeri dan luar negri. Untuk biaya packing ini bervariasi tergantung besarnya isi kiriman, kisarannya antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 300.000 per satu kali packing atau lebih tergantung bahan yang digunakan bisa menggunakan kayu/triplek/sterofoam dan lainnya.

  1. biaya fumigasi

Beban biaya ini dikenakan jika terdapat kemasan atau packing luar berasal dari kayu. Biaya fumigasi ini biasanya dikenakan untuk pengiriman ke luar negri, jenis pengirimannya cargo baik melalui udara maupun laut.Alasan terdapat biaya tambahan ini karena fumigasi bertujuan mematikan hama yang ada di unsur kayu dengan melakukan penyemprotan pada packing luar tersebut. Hal ini sudah merupakan ketentuan dari salah satu prosedur kirim barang. Besarnya biaya fumigasi sangat bervariasi tergantung banyaknya dan besarnya packing.

  1. biaya charge electronic items

Biaya yang dikenakan apabila terdapat kiriman barang elektronik yang membutuhkan perhatian khusus. Barang elektronik termasuk barang yang rentan rusak, maka dari itu jika tidak dikemas dengan apik bisa mengalami kebocoran serius yang mengakibatkan pengiriman terhambat. Biaya tambahan ini berfungsi meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan dari adanya pengiriman barang elektronik tertentu.

dan ada beberapa lagi biaya sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim.

Bagaimana cara mengetahui barang yang dikirim ada biaya tambahan?

Setelah diperiksa di packing list terdapat informasi yang mengharuskan adanya biaya tambahan meliputi volume paket dan list barang, area antar dan jemput & negara tujuan.

Dimana seseorang bisa membayarkan biaya tambahan barang?

Melalui invoice tagihan resmi dari PT Lintas Batas Indonesia (Kilo.id)

Jika terdapat biaya tambahan pajak, bagaimana cara mengurusnya?

Pajak dibayarkan penerima yang telah berkoordinasi sebelumnya dengan pihak pengirim.