fb-pixel-code

Tips Kirim Barang Elektronik Aman dan Terjangkau

Pengiriman laptop, barang elektronik dengan teliti dan hati-hati guna menjaga barang sampai ke tujuan dengan selamat.

Kilo.id - 29/10/2021, 11:37 WIB

Bagikan:

Barang elektronik seperti laptop adalah kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan di masa teknologi informasi sekarang ini. Jika Anda hendak mengirim laptop ke Malaysia atau Singapura, pastikan laptop benar-benar dimatikan selama perjalanan. Barang-barang seperti memory stick, mouse, dan keyboard harus dilepas dan ditangani secara terpisah. Perangkat yang lebih kecil seperti mikro USB gampang sekali terlepas, lebih baik dipisahkan telrebih dahulu karena dapat merusak atau menyebabkan kerusakan pada port saat laptop dalam perjalanan.

Laptop modern biasanya ditenagai jenis baterai lithium ion. Karena masalah keamanan, sekarang dibatasi untuk mengirim baterai ini. Tindakan pemeriksaan terkadang harus dilakukan untuk memastikan baterai tetap aman dalam perjalanan. Menjaga laptop tetap mati adalah suatu keharusan, dan mengamankan saklar aktif dengan selotip disarankan untuk mencegahnya diaktifkan secara tidak sengaja. 

Selain itu, baterai itu sendiri perlu diisolasi dengan cara tertentu - menempelkan pada terminal adalah cara yang baik untuk memastikan hal ini. Terakhir, paket tersebut ditandai dengan jelas sebagai berisi baterai lithium ion sehingga tim Kilo.id dan petugas yang berwenang mengetahuinya.

Jika Anda berencana mengirimkan laptop ke luar negeri, peraturan mengenai baterai lithium ion mungkin lebih rumit karena banyak negara telah melarang impor baterai melalui udara. Selalu ingat untuk memeriksa undang-undang negara tujuan pengiriman sebelum Anda mengalami masalah pengiriman. Jika ada negara yang memperbolehkan, pisahkan sementara baterai dari laptop tersebut.

Bagaimana agar kirim laptop ke luar negeri aman tanpa resiko?

Kirim laptop terutama ke Malaysia dan Singapore membutuhkan keaslian laptop yang menandakan barang bukan bajakan atau berasal dari black market. Untuk itu sediakan dokumen yang dibutuhkan, atau Anda bisa berkonsultasi dengan CS Kilo.id mengenai kiriman Anda meliputi berat, jumlah serta dokumen penting yang perlu disisipkan.

Memasukkan perangkat ke dalam tas laptop atau kotak pelindung

Lapisi laptop dengan material yang mampu melawan benda tumpul dan tajam yang bergesekan selama perjalanan. Isi kotak dengan bahan bantalan seperti kertas kusut atau kacang kemasan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan lapisan styrofoam yang tebal.

Masukkan tas laptop ke dalam kotak kardus empuk

Meletakkan laptop diatas bubble wrap. Pilih bubble wrap gelap untuk laptop. Bungkus bubble wrap dengan gelembung menghadap laptop, putar beberapa kali untuk memastikan laptop aman. Rekatkan dengan selotip.

Kotak tempat mengemas laptop adalah faktor terpenting dalam mengirim laptop dengan aman. Kotak harus cukup kuat untuk menahan laptop dan tidak boleh mengalami robekan, 

atau kerusakan struktural. Kotak asli laptop sangat ideal, tetapi jika sudah terjepit atau rusak, yang terbaik adalah mencari alternatif. Anda juga memerlukan kotak yang lebih besar untuk menyimpan laptop kotak serta aksesori lainnya selama pengiriman. Cobalah untuk menemukan kotak yang cukup besar untuk memuat semuanya, lebih besar dan mungkin ada terlalu banyak ruang. Tempatkan laptop dalam kotak yang dirancang khusus untuk melindungi barang-barang rapuh, seperti laptop. 

Sebelum Anda melakukan transaksi pengiriman, ukur dengan cermat dimensi kotak kardus. Anda harus megurangi volumentrik berlebih di ruang kosong agar mendapatkan harga pengiriman yang lebih terjangkau. Penting juga untuk memeriksa bahwa dimensi dan berat akhir tidak melebihi pedoman untuk pesanan yang telah Anda buat. Pertimbangkan untuk menggunakan stiker fragile pada paket untuk memperingatkan agen kurir kami tentang isinya. Meskipun ini tidak menjamin transit yang aman, ini adalah tindakan pencegahan.

Sekarang Anda memiliki laptop yang dikemas dengan baik, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih opsi pengiriman dan paket Anda siap dikirim!

Tips Kirim Barang Elektronik  Ke Luar Negeri Aman

Selain packing, perhatikan hal berikut ini agar Anda tidak dihantui dengan tagihan berlebih atau teror tidak mengenakan dari para penipu di luar sana.

1. Mengetahui Detail Informasi Penerima Barang

Ada banyak oknum penipuan yang mengatasnamakan pengiriman internasional. Saat orang melakukan penipuan dari negara luar, mereka sering kali dibebaskan dari undang-undang yang melindungi Anda di Indonesia. Jangan mengirim barang kepada orang yang hanya mengaku-ngaku di media sosial, penipuan sejenis ini sering terjadi.

Beberapa penerima ini menggunakan email atau media sosial untuk mengelabuhi orang yang mereka hadapi. Mereka memiliki barang yang dikirim seperti bisnis lainnya, dengan faktur yang akan dikirim nanti. Namun, ketika Anda mengirimi mereka faktur, mereka telah pindah atau tiba-tiba menghilang.

2. Pahami Aturan Pengiriman Barang Elektronik

Saat Anda melakukan pengiriman ke luar negeri, Anda tidak lagi berurusan dengan undang-undang domestik yang longgar. Ada batasan ketat di negara tujuan untuk apa yang boleh dan tidak. Barang akan menghadapi inspeksi yang jauh lebih intens dan peraturan yang lebih ketat.

Salah satu hal yang paling sering dilanggar orang adalah baterai lithium. Saat Anda mengirim laptop, hp, atau perangkat elektronik lainnya, Anda mungkin berurusan dengan baterai lithium. Meskipun layanan darat sangat baik untuk mengirim barang seperti ini, tidak baik untuk mengirimnya secara internasional. Jadi harus dinon-aktifkan atau dilepaskan terpisah (jika bisa).

Pengiriman barang elektronik wajib packing dengan kokoh. Kerusakan di dalam tidak akan menjadi tanggung jawab pihak pengirim barang.

3. Isi Formulir Lengkap

Saat Anda melakukan pengiriman ke luar negara negeri, penting mengisi formulir commercial invoice & packing list. Sebagian besar negara memerlukan deklarasi untuk semua jenis saat Anda mengirim produk ke Malaysia atau Singapura atau negara lainnya.

Faktur komersial digunakan ketika produk dijual ke luar negeri. Mereka mencantumkan orang yang mengirim, orang yang menerima, dan beberapa detail tentang item dalam paket. Pastikan Anda mengemas barang-barang Anda dengan banyak bungkus gelembung untuk berjaga-jaga jika pihak berwenang mencongkelnya untuk pemeriksaan menit terakhir.

Anda boleh melampirkan sertifikat asal untuk produk. Ini adalah dokumen yang mencantumkan dari mana barang itu dikirim dan di mana barang itu diproduksi. Di sini alamat orang yang mengirim dan daftar detail isinya harus disertakan. 

Jika Anda mengirim sesuatu yang bernilai lebih dari $2.500, Anda harus memberikan deklarasi ekspor. Anda mungkin memerlukan lisensi khusus. Anda perlu memberikan dokumentasi tentang nilai paket Anda. Formulir ini penting saat pengiriman misalnya ke Kuba, Iran, Irak, Sudan, Korea Utara, Libya, Suriah, atau Serbia.

4. Temukan jasa kirim terpercaya yang dapat mengirimkan laptop atau barang elektronik Anda 

Pengiriman ke luar negeri berbeda dengan pengiriman regional. Ada peraturan yang mesti Anda ikuti sebelum mengirim perangkat elektronik, terutama laptop. Gunakan jasa kurir terpercaya yang sudah berpengalaman dengan pengiriman, cara mengecek dengan cara berikut. 

Pertama pastikan ketika Anda mengetik di mesin pencari, keluar artikel di media massa yang memberitakan seputar jasa kirim tersebut. Jika jasa pengiriman sudah diberitakan artinya jasa tersebut cukup kredibel. Tidak berhenti sampai di situ, misalnya Anda ketik Kilo.id di YouTube sudah banyak pengguna layanannya yang membagikan cerita pengalaman seputar jasa kirim Kilo.id. 

Kedua, pastikan bahwa media sosial dan website jasa kirim tersebut aktif. Di zaman serba canggih seperti ini sudah jarang ada jasa kirim kredibel yang tidak memiliki identitas online. Anda bisa tracking bagaimana kepuasan pelanggan melalui rating yang ada di media sosial dan mesin pencari. 

Ketiga, pahami bahwa jasa kirim yang kredibel kadang tidak bisa terlalu cepat membalas pesan setelah baru semenit saja Anda kirim. Tunggu dalam waktu 1x24 jam sampai pesan Anda dibalas. Atau jika Anda butuh cepat, silahkan unduh terlebih dahulu form di sini. Isi dengan lengkap, lampirkan pada pesan chat customer service Kilo.id.

Baca artikel kami sebelumnya mengenai Cek Ongkir Handphone (Smartphone) Ke Malaysia

Artikel Lainnya

Video