Kirim Madu Ke Luar Negeri Aman dan Sesuai Prosedur

Madu banyak peminat dari berbagai negara, tak terkecuali para TKI di luar negeri.

Madu tradisional asli dari daerah-daerah pedalaman hutan Indonesia terkenal memiliki khasiat yang dicari sampai ke lintas benua. Cairan manis alami madu bersifat kental dengan warna emas sampai gelap. Madu diproduksi di dalam kantung madu dari berbagai jenis lebah dan dari berbagai nektar bunga. Jika dipantau dari tiap pengiriman, madu banyak dititipkan sebagai kebutuhan sehari-hari bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. 

Jika Anda menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp tentang pengiriman madu. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di sini

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Kirim madu keluar negeri aman dan sesuai prosedur harus melalui beberapa tahap pengecekan. Adapun negara yang paling banyak dituju untuk pengiriman madu ini ada Jepang, Belgia dan Amerika Serikat dengan ketentuan dari setiap negara yang tentu berbeda-beda. Berbagai jenis merk madu yang dikirim seperti HDI, Sumac, dan Kurmaqu membutuhkan beberapa komponen yang harus dipenuhi untuk dapat dikirim ke negara tujuan. 

Merk Dagang

Setiap produk madu yang dikirim harus sudah memiliki merek dagang yang sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku. Madu tanpa label merk belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan. Jika Anda melakukan bisnis reseller maka sudah barang tentu nama produk ditulis lengkap di packing list agar bisa dilacak ketersedian (availability) sebelum barang dikirim.

Registrasi BPOM

Sehubungan dengan maraknya pemanfaatan Herbal dan Suplemen Kesehatan khususnya produk yang disetujui klaim khasiat/manfaatnya untuk membantu memelihara daya tahan tubuh yang kemudian dikaitkan dengan upaya pencegahan dan pengobatan, Badan POM RI menganjurkan untuk Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) terlebih dahulu sebelum mengonsumsi. Hal yang lebih penting ketika mengirim produk madu yaitu adanya legalitas dari BPOM, karena jika tidak maka barang bisa dikembalikan atau dihancurkan.

Label Komposisi

Label nutrisi pada madu menyertakan informasi yang penting, seperti kalori, total protein, karbohidrat, serat, kalsium dan fosfor. Tak hanya itu, label pada madu pun biasanya menuliskan manfaat madu seperti kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Memberi informasi tentang isi produk yang diberi label bertujuan mengetahui isi kandungan madu tanpa harus membuka kemasan. 

Tanggal Kadaluarsa

Masa simpan madu bisa cukup lama sampai beberapa tahun, walaupun biasanya di kemasan terdapat tulisan tanggal sebaiknya dikonsumsi. Hal tersebut untuk menandai bahwa umur simpan madu juga tergantung pada cara membuatnya, dipasteurisasi atau mentah. 

Dokumen pendukung MSDS

Beberapa universitas dan perusahaan menyediakan informasi tentang MSDS dalam situsnya, termasuk LIPI. Adanya MSDS untuk madu ini berfungsi untuk mencegah, menghindari dan mampu menanggulangi kecelakaan kimia yang mungkin terjadi, serta sikap kehati hatian dalam menangani kandungan produk kecantikan berbahan dasar cair.

Untuk informasi terupdate mengenai kiriman barang yang lain, ikuti media sosial Instagram @kilo_id. Bisa tanyakan melalui chat WA atau DM mengenai produk apa yang hendak Anda kirimkan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri.