fb-pixel-code

Cek Ongkir Handphone (Smartphone) Ke Malaysia

Tarif ongkos kirim smartphone, tablet, handphone, ke Malaysia murah. Kok bisa?

Kilo.id - 28/10/2021, 11:23 WIB

Bagikan:

Kirim handphone ke Malaysia atau ke seluruh dunia sekarang hanya tinggal melalui pesan WhatsApp. Anda bisa menghubungi customer service Kilo.id untuk informasi seputar pengiriman smartphone (handphone) dalam bentuk satuan. Barang yang dikirim harus dengan tujuan personal, bukan barang-barang yang diperjualbelikan kembali.

Handphone yang dikirim harus dipastikan dalam posisi tidak menyala (off). Apabila handphone bukan baterai tanam maka keluarkan baterai agar terpisah dari handphone. Jika baterai tanam, pastikan dalam keadaan sudah mati, bukan mode pesawat. Letakkan dalam plastik tersendiri, walau nanti di gabungkan dalam kotak handphone itu juga. Packing dengan aman, pastikan sudah diberi pengaman seperti gabus, bubble wrap (plastik yang ada balon-balon udaranya). Barang yang terlalu tipis atau rentan rusak, segera lakukan packing kayu. Masukan nama, alamat, no hp pengirim dan penerima secara lengkap di luar box.

Jika hp terhitung baru, tunjukkan kwitansi pembelian, ini biasanya untuk perhitungan nilai asuransi atau harga tanggungan kiriman. Anda bisa meminta asuransi atau tidak karena bersifat opsional. Saat kiriman handphone tidak diasuransikan, apabila terjadi kerusakan atau permasalahan dalam pengiriman sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pengirim. 

Anda perlu berterus terang dalam menyampaikannya karena jika tidak maka saat terjadi masalah akan rumit menyelesaikannya. Barang nanti akan terdeteksi di X-Ray (pengecekan kiriman di bandara), akan diselidiki isi kiriman barang tersebut oleh petugas yang berwenang.

Bagi Anda yang sering melakukan pembelian barang dari luar negeri, salah satu alternatif pengiriman barang adalah dengan menggunakan perusahaan jasa titipan (PJT). PJT merupakan perusahaan yang menangani layanan kiriman secara ekspres yang memiliki izin penyelenggaraan jasa titipan dari instansi terkait. Dikutip dari Tempo, setiap pembeli hanya diperbolehkan membeli sebanyak dua unit per pengiriman. 

Setiap hari ribuan paket dikirim melalui Kilo.id dari berbagai daerah. Mulai dari paket kiriman pribadi, jualan online bahkan sampai kebutuhan korporasi atau instansi pemerintahan. Dalam proses pengiriman paket, Kilo.id memastikan kualitas kiriman paket terjaga dari proses kirim sampai tiba di tempat tujuan. Cek ongkir Handphone ke Malaysia lewat layanan Kilo.id sekarang!

Berapa ongkir pengiriman handphone (smartphone) ke Malaysia?
Ongkir handphone ke malaysia beragam, bisa mulai dari harga 75 ribu per satu kilonya. Sangat terjangkau, jika Anda hanya ingin mengirim satu atau dua unit saja akan sangat mudah dengan layanan one-stop service Kilo.id.

Oleh karena itu, berikut tips mengirim handphone ke Malaysia:

Memasukkan perangkat ke dalam kemasan aslinya

Apabila handphone (hp) Anda masih memiliki box, masukkan ke dalamnya lengkap dengan surat-surat yang ada. Ini sangat membantu melewati prosedur pengecekan. Hp yang masih utuh pada saat pengiriman 10% lebih mudah masuk ketimbang hanya berbentuk batangan. Dipastikan barang yang Anda kirim original dan dapat dipertanggung jawabkan apabila sewaktu-waktu mendapat pertanyaan dari pihak berwenang. Kemasan asli tidak perlu harus segel, bisa hanya Anda masukan saja kelengkapan data. Apabila Anda hanya mengirim barang ketinggalan saja (personal effect), baca artikel kami yang membahas Barang Personal Effect atau Personal Item, Cara Mendapatkan Barang yang Tertinggal di Negara Sebelumnya. Barang personal effect bisa masuk dengan syarat dan ketentuan khusus, harap menghubungi CS Kilo.id untuk case kiriman barang Anda.

Bungkus kotak dengan bubble wrap untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan

Bubble Wrap atau sejenis plastik yang memiliki bola-bola udara pada seluruh permukaannya. Benda ini biasa digunakan untuk mengemas benda-benda pecah belah atau barang elektronik dan benda-benda sensitif lainnya. Gelembung kecil ini banyak digunakan untuk membungkus paket atau barang pecah belah agar tetap aman saat dalam pengiriman. Gelembung-gelembung kecil yang terdapat pada benda ini menonjol dan tentunya tersusun rapi. Bubble wrap juga memiliki tekstur lembut dan bisa menahan benturan. Bahan bubble wrap adalah LDPE atau polyethylene film dengan salah satu sisi rata dan sisi lainnya menggelembung dengan isi udara. 

Tambahkan bahan bantalan agar kotak aslinya tidak bisa bergerak

Bisa dengan menggunakan gabus. Di luar kotak HP, bungkus dalam kardus lagi yang berisikan gabus. Pastikan kardus yang digunakan compact sehingga tidak banyak ruang kosong agar produk tidak banyak terbentur saat dikirim perjalanan jauh. 

Jika masih ada ruang kosong, tambahkan kertas yang dipotong-potong atau styrofoam sebagai bantalan. Kamu bisa menyesuaikan kardusnya dengan atau bisa juga menggunakan kardus biasa. Bahan styrofoam bisa kamu gunakan untuk packing handphone, tablet, dan aksesori gadget. Namun, pastikan ukurannya pas dengan produk yang ingin dikirim ya.

Kardus jenis single wall corrugated seharusnya sudah cukup untuk produk seperti handphone. Namun, jika ingin lebih kokoh gunakan kardus jenis double wall corrugated. Terdapat perbedaan harga, namun tidak begitu signifikan. 

Label peringatan

Anda bisa menambahkan label pengingat yang bertuliskan “Fragile” atau “Handle with care” pada kotak. Dengan adanya label, tanda atau stiker ini supaya petugas dan kurir lebih berhati-hati dalam melakukan pengiriman barang maupun saat menyimpannya di gudang. Dengan ribuan paket yang dikirim setiap harinya, tidak menghindari adanya barang yang tergeser-geser barang lain. Demi mengantisipasi, barang pecah belah termasuk smartphone harus dilapisi label khusus.

Dengan mengetahui tips mengirim handphone atau smartphone, maka jauh sebelum ke pengiriman, lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk membuat smartphone Anda jauh lebih aman setelah diterima:

Matikan dan isi daya sampai 100 persen

Peneliti menemukan bahwa emisi elektromagnetik dari perangkat elektronik pribadi dapat mengganggu sistem pesawat. Pengiriman lewat Kilo.id sebagian besar melalui udara, sisanya lewat jalur laut. 

Secara khusus, yang berada di kisaran 800-900 MHz dapat mengganggu instrumentasi kokpit tanpa pelindung. Dalam kapal, HP yang tidak mati dikhawatirkan dapat merusak barang lain di sekelilingnya akibat komponen software HP yang berbeda-beda tiap jenisnya. Hal ini tentu saja untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan saat pengiriman berlangsung.

Registrasi IMEA Apabila Anda Membawa Masuk HP Ke Indonesia

Pemerintah melalui beberapa kementerian terkait menerapkan pengendalian IMEI untuk perangkat seluler ponsel, telepon genggam, dan tablet. Perangkat yang tidak terdaftar dalam pusat data pemerintah, tidak digunakan di Indonesia. Semua perangkat yang tak berdaftar, nanti tidak akan memperoleh sinyal dari penyedia layanan seluler di Indonesia. 

Setiap HP pasti akan memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Apabila Anda ingin mendaftarkan HP agar tak terblokir, anda akan dimintai no IMEI-nya terlebih dahulu. Bagaimana cara mengecek no IMEI HP, inilah caranya: 

1. Ketik *#06# di HP Anda, otomatis akan keluar No. IMEI-nya. 

2. Masuk ke pengaturan/setting - tentang Ponsel/about handphone - No. IMEI. 

3. Buka baterai,  di belakang HP ada 14 angka, itulah No.IMEI (HP Lama). 

4. No. IMEI juga ada disertakan di kotak HP, biasanya ditempelkan di luar kotak HP masing-masing. 

Mengatur kata sandi dan layar kunci untuk melindungi privasi

Gunakan kata sandi sebelum Anda hendak mematikan dan mengirim HP. Tujuannya agar mengamankan data di dalam ponsel tersebut. Di jaman modern ini, Anda bisa menggunakan sidik jari ataupun face unlock. Tujuan password dan PIN sama, yakni untuk otentikasi pengguna atau mengamankan perangkat, akun atau data agar tidak dapat terakses oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Bedanya, PIN hanya terbatas pada angka 0-9 karakter. Sementara itu, Password bisa menggunakan kombinasi angka, huruf (besar dan kecil), dan tanda baca atau karakter khusus.

 

Artikel Lainnya

Video