Persyaratan Kirim Skin Care, Body Care, dan Kosmetik ke Luar Negeri

Cara mudah kirim produk kecantikan melalui jasa kurir unggulan terpercaya.

Persyaratan kirim skin care, body care dan kosmetik ke luar negeri membutuhkan komponen yang harus dipenuhi oleh para pengirim (shipper). Produk penunjang kecantikan lokal seperti Scarlett Whitening, MS Glow, Whitelab, Wardah, Purbasari, Make Over dan merk dagang lainnya sedang diminati di banyak negara. Hampir seluruh pengiriman ke negara Malaysia, Singapore, dan Taiwan dipenuhi reseller yang berjualan produk kecantikan unggulan tersebut.

Cara mengirim produk kecantikan ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengecek apakah produk sudah aman dalam proses pengangkutannya. Jika Anda baru pertama kali mengirim skin care, body care dan kosmetik ke luar negeri pastinya harus didukung dengan jasa kirim yang dapat membantu mengarahkan dari proses awal hingga tiba di negara tujuan. 

Jika Anda menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di sini

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Jika dirasa Anda masih ragu apakah paket ini dapat lolos penyidikan oleh pihak berwajib, berikut adalah komponen yang perlu diperhatikan sebelum Anda mengirim skin care, body care dan kosmetik ke Malaysia, Taiwan, & Singapura yang menjadi acuan pengiriman ke berbagai negara.

Harus Punya Nama Produk

Produk Kosmetik Mewah Di Tekstil

Nama produk adalah hal penting sebelum Anda melakukan pengiriman produk kecantikan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri. Bahan mentah yang masih dalam bungkusan sebelum diolah belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan. Jika Anda melakukan bisnis reseller maka sudah barang tentu nama produk ditulis lengkap di packing list agar bisa dilacak ketersedian (availability) sebelum barang dikirim.

Sudah menyertakan BPOM pada kemasan

Begini Tahapan Melakukan Skin Care di Malam Hari

Pentingnya memiliki lisensi BPOM adalah agar produk tersebut sudah teruji dan memiliki kandungan yang aman digunakan. Selain itu, pengiriman ke luar negeri perlu adanya pernyataan resmi bahwa lisensi ini aman untuk masuk ke negara tertuju. Dengan memiliki produk yang sudah terlisensi oleh BPOM, maka ada sertifikat yang menunjukan hasil uji lab, label berwarna, sample produk dan dokumen pendukung lainnya.

Menuliskan Tanggal Kadaluarsa

This Symbol Tells You When Your Makeup Will Expire

Kosmetik yang telah kedaluwarsa umumnya sudah mengandung banyak bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti: Jerawat. Ruam kulit. Infeksi kulit dan mata. Maka dari itu, penting memasukan tanggal kadaluarsa. Produk kecantikan biasanya meletakan berapa lama produk boleh dikonsumsi setelah segel dibuka. Kosmetik yang masih tersegel dengan baik dan disimpan dalam suhu ruangan bisa awet selama beberapa tahun. Namun, begitu segel produk dibuka dan kosmetik terpapar udara luar, bahan atau kandungan di dalam kosmetik bisa mengalami proses oksidasi sehingga kualitasnya akan berkurang seiring waktu.

Menyertakan Aturan Pemakaian Dalam Bahasa Inggris

Produk skin care, body care dan kosmetik akan lebih baik jika sudah menggunakan default dua bahasa pada setiap kemasan. Beberapa aturan pemakaian penting diinfokan seperti jika disimpan di tempat yang panas dan lembap, misalnya kamar mandi, produk kosmetik bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur dan ragi. 

Adapun memasukan info tentang bagaimana menyimpan kosmetik di tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung sangat penting. Bahkan ada informasi jika menyentuh kosmetik atau mencelupkan jari langsung ke dalam produk, dapat membuat mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan ragi, berpindah dari tangan ke kosmetik. Anjuran untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai jenis kosmetik yang dimiliki patut dituliskan dalam kertas panduan yang ada di dalamnya.

Label Komposisi

Pelaku usaha perlu menjamin produk yang dibuat aman diedarkan serta memenuhi persyaratan teknis penandaan kosmetika. Penandaan ini ada di setiap informasi mengenai produk yang bisa berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya, atau bentuk lain yang disertakan pada bagian kemasan, serta yang dicetak langsung pada produk.

Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai bahan-bahan kimia berbahaya. Jadi bukan tak mungkin jika bahan yang sudah dilarang di luar negeri masih digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik di Indonesia. Jadi jika ingin mengekspor produk skin care, body care dan kosmetik ke negara lain, pahami dulu aturan di tiap negara apakah mengijinkan bahan tersebut masuk ke dalam negaranya.

Tambahan form MSDS

Ini penting dilampirkan terkhusus produk-produk yang berisi cairan seperti parfum, maskara dan body lotion. Hasil MSDS perlu di cek dulu apakah masuk dalam kategori DANGEROUS GOOD atau tidak. Sebelum Anda mengirim produk, CS Kilo.id biasanya akan memberikan informasi lebih rinci terkait setiap pengiriman. Beberapa universitas dan perusahaan menyediakan informasi tentang MSDS dalam situsnya, termasuk LIPI. Adanya MSDS ini berfungsi untuk mencegah, menghindari dan mampu menanggulangi kecelakaan kimia yang mungkin terjadi, serta sikap kehati hatian dalam menangani kandungan produk kecantikan berbahan dasar cair.

Untuk informasi terupdate mengenai kiriman barang yang lain, ikuti media sosial Instagram @kilo_id. Bisa tanyakan melalui chat WA atau DM mengenai produk apa yang hendak Anda kirimkan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri.