fb-pixel-code

Ketahui Aturan kirim barang ke Arab Saudi bersama Kilo.id

Cara Kirim Barang ke Arab Saudi

Kilo.id - 15/07/2022, 12:27 WIB

Bagikan:

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang menjadi rumah terbesar bagi para Tenaga Kerja Wanita dan Tenaga Kerja Indonesia di timur tengah, hal ini dikarenakan Arab Saudi menjadi tujuan terbesar TKW, dimana warga Indonesia yang bekerja di Arab Saudi lebih dari 1 juta jiwa. Banyaknya tenaga kerja yang berada di Arab Saudi membuat kebutuhan sandang dan pangan dari negara asal semakin meningkat yang disebabkan rindu dengan kampong halaman. Tidak hanya itu saja, Warga Indonesia yang tinggal di Arab Saudi juga ingin mengirimkan barang – barang ke sanak saudara yang di Indonesia. Nah untuk proses kirim barang kira-kira barang apa saja yang bisa dikirimkan, dan apa saja syarat  serta dokumen yang dibutuhkan? Yuk cek dibawah ini.

Pahami Regulasi Ekspor ke Arab Saudi

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan kirim barang ke Arab Saudi, yaitu pahami regulasi ekspor barang ke Arab Saudi. Apasih regulasi ekspor itu? Regulasi ekspor adalah proses dimana pihak pengirim perlu mengetahui barang apa yang bisa dikirim dan barang apa yang tidak bisa dikirim. Biasanya regulasi ini dilakukan pengecekan di dua negara, yaitu negara pengirim dan negara penerima. Di cek di negara pengirim apakah barang bisa dikirim dan bukan termasuk barang larangan, kemudian di cek negara penerima atau bea cukai apakah negara tujuan bisakah barang yang akan dikirimkan bisa masuk ke negara tujuan. Sebelum melakukan pengiriman pastikan sudah cek regulasi terlebih dahulu ya, kemana harus cek regulasi barang apa saja yang bisa dikirimkan? Bisa langsung chat customer service kami ya, di nomor yang sudah tertera di website kami.

Barang yang diperbolehkan atau memerlukan izin khusus masuk ke Arab Saudi

Barang apa saja ya kira-kira yang bisa masuk ke negara arab Saudi, yuk cek di bawah ini.

  • Fashion

Jenis barang pertama yang bisa dikirimkan dan bisa masuk ke negara Arab Saudi yaitu barang fashion, dimana barang – barang fashion ini tidak memerlukan dokumen atau persayaratan khusus, biasanya hanya dokumen umum seperti air way bill dan commercial invoice. Barang-barang fashion yang bisa dikirimkan diantaranya seperti, baju, celana, kaos kaki, sepatu, sajadah, mukena, Gamis, dan barang fashion lainnya.

  • Buku

Selain jenis barang fashion, ada buku yang bisa di kirim barang ke Arab Saudi tanpa perlu dokumen apapun, kamu bisa kirim bu dengan jumlah batas maksimum tertentu. Jenis  buku yang bisa kamu kirimkan pun bisa apa saja tidak tergantung jenis dan lainnya, Namun perhatikan ya bahwa bukunya tidak mengandung unsur sara, politik, dan pornografi. Untuk pengiriman buku ke arab Saudi, biasanya hanya dibutuhkan dokumen umum untuk pengiriman internasional, seperti air way bill atau resi penerbangan internasional dan commercial invoice.

  • Makanan

Untuk pengiriman makanan, dibutuhkan dokumen yang sedikit rumit. Makanan yang dikirimkan pun tidak boleh mengandung daging dan ikan. Nah, untuk pengiriman makanan ke Arab Saudi, penerima harus mempunyai dokumen SFDA atau (Saudi Food and Drug Authority), dan dokumen izin impor. Apabila penerima barang tidak mempunyai dua dokumen tersebut, maka Kilo.id tidak dapat membantu pengiriman barangnya ya.

  • Jenis Barang Lain

Untuk pengiriman jenis barang lainnya, diperlukan cek regulasi terlebih dahulu, nah untuk cek regulasi bisa langsung chat customer service kami via whatsapp di nomor yang telah tersedia di website kami ya.

Waktu pengiriman barang dari Indonesia ke Arab Saudi

Waktu yang dibutuhkan untuk kirim barang ke Arab Saudi berbeda, tergantung dari layanan yang anda pilih dari beberapa layanan yang kami miliki.

  • Economy, layanan kami yang pertama yaitu ekonomi, dimana estimasi waktu yang dibutuhkan untuk layanan yang ini adalah 3 – 5 hari. Estimasi yang tertulis mungkin bisa lebih lama dikarenakan proses clearance kirim barang ke Arab Saudi yang tidak bisa dipastikan tergantung antrian proses clearance di negara tujuan.
  • Priority, Layanan yang kedua yaitu priority, estimasi waktu yaitu sama seperti sebelumnya 3 – 5 hari. Estimasi yang tertulis mungkin bisa lebih lama dikarenakan proses clearance yang tidak bisa dipastikan tergantung antrian proses clearance di negara tujuan.
  • Premium, Layanan yang kedua yaitu premium, estimasi waktu yaitu sama seperti nomor 1 dan 2 sebelumnya 3 – 5 hari. Estimasi yang tertulis mungkin bisa lebih lama dikarenakan proses clearance kirim barang ke Arab Saudi yang tidak bisa dipastikan tergantung antrian proses clearance di negara tujuan.
  • Air Cargo, yang terakhir ada Air Cargo, yaitu layanan termurah dari ekspedisi kami. Estimasi waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama yaitu 4 – 7 hari. Estimasi yang tertulis mungkin bisa lebih lama dikarenakan proses clearance kirim barang ke Arab Saudi yang tidak bisa dipastikan tergantung antrian proses clearance di negara tujuan.

Cara mengirim barang dari Indonesia ke Arab Saudi dengan jasa Kilo.id

Cara kirim barang ke Arab Saudi, hal pertama yang perlu kamu lakukan mengetahui jasa kirim barang ke Saudi Arabia, kemudian menghubungi pihak jasa kirim barang ke Saudi Arabia yang telah kamu pilih. Setelah itu informasikan barang yang akan dikirimkan pada jasa kirim barang ke Arab Saudi yang telah kamu pilih sebelumnya, maka langkah selanjutnya tim ekspedisi akan mengecek regulasi barang yang akan kamu kirimkan. Kemudian setelah regulasi mengkonfimasi barang kamu bisa dikirim, dan pihak bea cukai dapat menerima barang yang kamu akan kirimkan ke Arab Saudi, kamu bisa langsung mengirim barangmu ke kantor jasa kirim barang ke Arab Saudi yang telah kamu hubungi sebelumnya, agar di bantu untuk timbang ukur ulang, dan proses  pengiriman barang lebih lanjut ke destinasi negara tujuan yaitu Arab Saudi, yaitu Kirim barang ke Arab Saudi.

Biaya Kirim barang dari Indonesia Ke Arab Saudi

Untuk biaya ekspor ke Arab Saudi murah saja, mulai dari 290.000 kamu sudah bisa kirim barang ke  Arab Saudi.  Untuk system pengiriman di Kilo.id ini, semakin berat barang akan semakin murah harga perkilonya. Sehingga buat kamu yang mau kirim banyak barang, bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pada kamu hanya mengirim satu atau dua kilo saja. Apabila kamu membutuhkan jasa Kirim ke Arab Saudi dan barangnya sejenis pakaian itu bisa banget, kamu bisa menggunakan jasa Kilo.id untuk pengiriman barangmu.

Kilo.id Bisa melayani mulai pengiriman 1 kilo saja hingga ratusan kilo, jadi kamu tak perlu khawatir apabila barang yang akan kamu kirimkan sedikit atau pengiriman dalam jumlah banyak. Semakin banyak barang yang akan kamu kirimkan ke Arab Saudi, semakin murah harga yang akan kamu dapatkan.

Artikel Lainnya

Video