fb-pixel-code

Tips Kirim Cincin Batu Akik Ke Luar Negeri

Ekspor cincin serta kerajinan batu akik semakin mudah.

Kilo.id - 22/10/2021, 10:43 WIB

Bagikan:

Anda sekarang dapat mengirim cincin batu akik ke luar negeri berjenis apapun, seperti fosil sarang tawon, pancawarna, fosil aren, lumut, kristal druzy dan lainnya. Adapun Indonesia dikenal memiliki cinderamata batu akik yang terkenal indah, jika menelusuri jenisnya terdapat nama-nama familiar seperti Akik Bacan Maluku, Pancawarna Garut, Lavender Lampung, Giok Aceh, Rafflesia Bengkulu, Kecubung Kalimantan, Kalimaya dan beberapa lainnya. Keberagaman jenis, kejernihan dan warna serta asal batu akik menjadi keunggulan dan daya tarik batu akik asal Indonesia.

Tren cincin batu akik yang sempat tinggi di era 2014-2015, bahkan batu akik dikenal sebagai souvenir Konferensi Asia Afrika. Fenomena batu akik pernah mengguncang tanah air pada 2014 silam. Masyarakat memburu batu akik dari berbagai jenis dan harga, namun di luar negeri, cincin batu akik tetap memiliki nilai seni yang tinggi. Tak heran, jika Anda menjual di marketplace global tentu barang ini biasa diburu oleh kolektor barang antik maupun para penggemar seni bebatuan yang peminatnya tersebar di seluruh dunia.

Baca juga artikel Keuntungan Ekspor Petai & Jengkol Ke Luar Negeri.

Dipantau dari kegiatan atau hobi mengoleksi cincin batu akik, berikut keunggulan memiliki cincin batu akik:

Harganya akan melonjak saat tren kembali naik

Tren batu akik di tahun 2014-2016 membawa beberapa orang memiliki pendapatan ratusan juta sekali untung. Saat permintaan pasar begitu tinggi, banyak pengrajin mendatangkan cincin titanium yang menjadi wadah batu akik dari China. Selain itu, ia juga ada kursus merangkai kalung dengan mata batu akik. Barang ini begitu diburu oleh ibu-ibu. Maka tak heran jika Anda mengumpulkan barang-barang ini saat belum banyak peminatnya, Anda bisa menjual kembali dengan harga yang tidak sedikit.

Memiliki ciri khas 

Lain halnya dengan barang komoditas lain, akik memiliki keunggulan tipe batu yang sangat bervariasi. Bahkan jika batunya sama, Anda bisa membuat lingkar cincin dengan motif atau desain lain sehingga ada pembeda antara satu jenis satu dengan lainnya.

Bisa dibuat personal

Batu akik juga memiliki makna tersendiri bagi para pemakainya. Tak heran banyak batu akik dijual sebagai souvenir, hadiah dan cinderamata. Pada tahun 2010, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan batu bacan kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebagai cinderamata.

Punya nilai estetika tinggi

Cincin batu akik memiliki bentuk yang beragam, namun batu bacan menjadi yang paling laris dijual. Ada tiga jenis batuan yang sangat diincar oleh para kolektor cincin batu akik, yaitu jenis Safir, Zamrud, dan Rubi. Jika seseorang mengenakan perhiasan emas atau batu mulia dan bersanding dengan orang lain yang mengenakan perhiasan serupa, maka dapat dibedakan strata sosial dan kemampuan orang tersebut. Namun, untuk batu akik berbeda, masing-masing batu itu berbeda dan subjektif. Nilai ditentukan dari estetika serta minat para pembelinya.

Mudah dikirim 

Cincin batu akik bisa dipasarkan sampai ke mancanegara. Ekspor cincin batu akik ke kawasan Eropa, Taiwan, dan Korea Selatan (Korsel) memiliki market yang besar untuk batu Indonesia. Para pengekspor cincin batu akik perlu pemahaman model kesukaan di negara tujuan.

Jika Anda hendak mengirimkan cincin batu akik atau olahan barang jadi dari bebatuan menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp tentang pengiriman. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di halaman per negara website ini.

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Perlu digaris bawahi, jika cincin batu akik mentahan atau masih dalam bentuk materi utuh belum bisa dikirim. Hanya produk jadi dari batu akik seperti perhiasan, kerajinan dan seni yang bisa dikirim. Berikut adalah komponen yang perlu ada untuk pengiriman cincin batu akik:

Surat pengantar atau surat jalan sebelum mengirim hasil olahan batu akik

Ketika membeli suatu barang, terdapat sertifikat atau surat pengantar yang didapatkan dari toko batu tersebut. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, lampirkan dokumen asal usul dari batu akik yang hendak Anda kirim. Adanya memo sertifikat ini berfungsi melindungi barang dari incaran oleh pihak berwajib. 

Standarisasi produk batu mulia atau batu akik dilakukan dalam bentuk sertifikasi. Memo untuk batu mulia diperlukan untuk membantu meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi pembeli atau kolektor permata. Hasil penelitian dari gemologist dapat menentukan keaslian dan mengeluarkan sertifikasi untuk batu mulia. Harga untuk sertifikasi batu mulia ini belum dipastikan, namun di secara rata-rata biaya pembuatannya sekitar Rp 250 ribu. Pembuatan sertifikat ini bisa di berbagai tempat, jika Anda google maka biasanya banyak jasa yang menawarkan. 

Dalam pengeluaran produk sertifikat oleh lembaga berwenang (LPSB), cincin batu akik harus melalui tahap-tahap pengujian. Kegiatan akan dilakukan oleh tiga orang tenaga ahli berpendidikan khusus batu mulia dan batu permata. Mereka ini biasanya alumni dari Gemological Institute of America [GIA] atau Asian Institute of Sciences Thailand. Selain itu, pengujian sudah menggunakan alat laboratorium berstandar internasional sehingga hasilnya akurat.

Foto barang sebelum di packing

Cincin batu akik bisa saja melalui tahap pengecekan x-ray sehingga Anda perlu melampirkan foto. Buatlah foto barang disertai dengan sertifikat agar lebih lengkap untuk kebutuhan penyidikan. Barang berbentuk batuan alam biasanya memiliki ketentuan ketat di beberapa negara, terutama negara penghasil batuan alam seperti Afrika Selatan, Angola, dan Swis. 

Riset sebelum Anda mengirim hasil olahan batu akik, pastikan jika Anda adalah seorang penjual, pembeli Anda di negara tujuan bisa membayarkan pajak (jika barang yang dikirim melebihi batas VAT negara tujuan). Atau jika Anda hendak memberikan barang ini kepada saudara Anda, usahakan berkoordinasi dengan penerima di negara tujuan. 

Setelah barang diterima, dokumentasikan paket sebelum dibuka. Barang yang memiliki bukti video bisa diklaim apabila mengalami kehilangan atau kerusakan oleh jasa pengiriman.

Packing box kayu bebas fumigasi aman

Packing yang aman untuk barang sejenis cincin batu akik dan kerajinan sejenisnya adalah packing kayu. Namun perlu diketahui bahwa pihak bandara memiliki peraturan fumigasi. Menghindari adanya bongkar pasang, segera konsultasikan dengan CS Kilo.id bagiamana prosedur pengiriman cincin atau kerajinan batu akik yang aman. Kilo.id bisa membantu proses repacking jika Anda sudah terlanjur mengalami kesalahan packing.

Gunakan jasa kirim barang terpercaya

Benda yang dianggap berharga dan penting harus dikirim menggunakan layanan kirim berkualitas baik. Jika Anda ragu dengan jasa kirim, segera cek media sosial ekspedisi tersebut. Jasa kirim barang ke luar negeri yang aman apabila para pengelolanya berani memunculkan wajah sebagai host. Kilo.id memiliki host bernama David yang siap melayani pengiriman cincin batu akik ke seluruh dunia.

Untuk informasi terupdate mengenai kiriman barang yang lain, ikuti media sosial Instagram @kilo_id. Bisa tanyakan melalui chat WhatsApp atau DM mengenai produk apa yang hendak Anda kirimkan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri.

Artikel Lainnya

Video