fb-pixel-code

Ekspor Pakaian Anak & Mainan Anak

Kirim baju anak ke luar negeri dan jualan mainan anak ekspor sekarang gampang banget

Kilo.id - 10/01/2022, 12:10 WIB

Bagikan:

Anak-anak memiliki kebutuhan yang tidak kalah banyak dengan orang dewasa. Di Indonesia saja, penambahan penduduk sebanyak 32,65 juta jiwa atau rata-rata 3,26 juta per tahun. Diperkirakan ada 4 juta kelahiran dari tahun ke tahun dan jumlahnya akan selalu bertambah. Untuk itu, produsen produk anak berlomba-lomba untuk mengisi kebutuhan tersebut yang selalu dicari oleh orang tua atau calon orang tua. 

Melihat peluang tersebut, tidak menutup mata bahwa permintaan dari luar negeri juga terbilang menggiurkan. Terkhusus negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang rutin melakukan ekspor pakaian & mainan anak. Adapun permintaan ekspor kian meningkat setelah Indonesia melakukan kerjasama multilateral dengan negara-negara yang mayoritas dipenuhi penduduk muslim. 

Ekspor baju muslim anak juga semakin merajalela memenuhi pasar-pasar. Brand baju anak ternama seperti Boho Panna, Carter’s, GAP Kids, Gymboree banyak diekspor sampai ke Belanda dan Rusia. Teruntuk mainan anak, performa industri mainan anak menunjukkan tren yang positif. Hal ini tercermin dari capaian nilai ekspor mainan yang kian meningkat selama tiga tahun terakhir. Pengapalan produk mainan anak menembus USD 320 juta sepanjang 2018 dan melonjak jadi USD 343 juta pada 2020.

Dikutip dari itpc vancouver.com, data Euromonitor tahun 2015 menyebut penjualan pakaian anak di Kanada tumbuh sekitar 3% dengan nilai mencapai CAD 3.5 milyar. Pertumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh strong performance penjualan baju anak laki-laki dan perempuan yang cukup baik walaupun penjualan pakaian bayi cenderung stagnan yang disebabkan oleh terus menurunnya angka kelahiran di Kanada. 

Berdasarkan kondisi tersebut, Euromonitor menyebutkan bahwa pada tahun 2020 mendatang, diharapkan penjualan pakaian anak-anak bisa mencapai nilai CAD 3.9 milyar. Selain itu, data impor Kanada selama periode tahun 2011-2015 menunjukan angka tren positif 3% yang menunjukan bahwa demand terhadap pakaian anak-anak yang berasal dari luar Kanada masih terus meningkat dan diharapkan hal ini akan terus meningkat sesuai dengan perkiraan.

Berikut adalah tips ekspor pakaian dan mainan anak:

  1. Warna cenderung soft

Tren pakaian dengan warna pastel dan earthiness akan terus bertahan dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Jenis pakaian ini mulai dipopulerkan setelah Korea Selatan memperkenalkan tren fashion ini dalam setiap musik video K-pop. Maka tak heran, banyak orang tua memburu baju dengan warna yang tidak begitu mencolok untuk dipakaikan kepada anak-anak. 

Untuk mainan, warna soft dibuat tetap mencolok untuk memberi kesan hidup. Banyak YouTuber anak mempertontonkan cara memasak atau membangun rumah dengan peralatan yang memiliki warna bernuansa riang namun tetap soft dipandang.

  1. Harga terjangkau

Produk impor china lebih digemari karena harganya terbilang sangat murah untuk kualitas yang cukup baik. Persaingan harga terus dijaga agar tidak mematikan industri tanah air. Saat ini perlu diperhatikan bahwa harga harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu mahal agar bisa diekspor ke berbagai negara. Pentingnya memiliki brand yang terkenal juga patut dijadikan landasan Anda memetakan harga terbaik untuk produk-produk Anda.

  1. Banyak variasi bentuk

Variasi menjadi catatan penting setiap produsen produk anak-anak. Kecepatan tren saat ini membuat para pelaku usaha perlu cepat beradaptasi agar tidak ketinggalan arah. Pakaian anak perempuan cenderung sangat cepat berubah seiring permintaan pasar yang semakin beragam. Tidak seperti industri era abad 18 yang memproduksi dalam jumlah sangat massal, saat ini personifikasi lebih cenderung diminati. 

  1. Bundling package

Ketika Anda menjual ekspor, Ada baiknya menjual dalam bentuk paket bundling atau dalam jumlah grosir. Biaya pengiriman bisa jadi membengkak jika harus dikirim satu per satu. Oleh karena itu, penting Anda mengetahui ongkir termurah pengiriman pakaian dan mainan anak ke luar negeri melalui website Kilo.id. Misalnya jika Anda ingin melakukankirim barang ke Austria, Anda harus memastikan berat total pengiriman dan banyaknya kuantitas barang yang akan dicatat masuk dalam paket bundling. Pastikan ongkir ditanggung oleh pembeli agar Anda tidak merugi.

  1. Mengikuti tren global

Tidak banyak jenis pakaian atau mainan yang evergreen, Anda harus tetap mampu beradaptasi dengan perubahan. Untuk sekarang ketika TikTok merajai media sosial, cari produk yang bisa dikembangkan melalui platform-platform kekinian tersebut. Pemasaran melalui media sosial tersebut akan berdampak pada penjualan Anda, terutama jika Anda ingin meraih pasar luar negeri, media sosial dan internet sangat ampuh dalam membantu bisnis Anda berkembang.

Apa yang perlu disiapkan yang mengirim pakaian dan mainan ke luar negeri?

  1. Merek dagang

Setiap produk pakaian dan mainan yang dikirim harus sudah memiliki merek dagang yang sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku. Produk tanpa label merk belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan. Jika Anda melakukan bisnis reseller maka nama produk ditulis lengkap di packing list agar bisa dilacak ketersedian (availability) sebelum barang dikirim.

  1. Kemasan

Perhatikan kemasan Anda sebelum diekspor. Harus sudah tersedia minimal dua bahasa, terutama bahasa inggris pada setiap informasi yang tertera di dalamnya. Packing juga harus benar agar tidak merusak dus yang membalut produk Anda agar tiba dengan aman sampai di tujuan. Yang terpenting masukan tanggal dan kode produksi dengan memuat informasi mengenai riwayat produksi pangan pada kondisi dan waktu tertentu. Tanggal dan kode produksi dapat dicantumkan terpisah dari keterangan pada label dan harus disertai dengan petunjuk tempat pencantuman kode produksi. Berat bersih atau isi bersih juga perlu dicantumkan mengenai jumlah pangan olahan yang terdapat di dalam kemasan atau wadah dicantumkan dalam satuan metric.

  1. SNI

SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah standar yang berlaku secara nasional di Indonesia dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standardisasi Nasional). SNI berisi spesifikasi teknis atau sesuatu yang dibakukan termasuk tata cara dan metode. Tujuan adanya label SNI adalah meningkatkan daya saing industri nasional, menjamin mutu hasil industri, dan menciptakan persaingan usaha yang sehat dan adil. Produk yang telah menggunakan standar SNI diharapkan memiliki mutu yang baik dan konsisten sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pemasaran secara global. Penggunaan SNI juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya karena terjadi optimasi proses produksi. Adapun SNI melindungi konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen. Penerapan SNI wajib pada produk yang berisiko tinggi seperti air minum (AMDK), mainan anak, tabung gas, regulator, dan selang gas bertujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan konsumen. Sehingga konsumen lebih percaya diri pada saat memilih produk ber-SNI bahwa produknya tersebut aman, dapat diandalkan, dan berkualitas tinggi.

  1. Keterangan Panduan (guide book)

Sangat berguna memandu para pengguna mengetahui cara perakitan atau pemasangan mainan anak yang perlu disusun ulang. Guide book adalah sebuah buku yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai beberapa hal yang spesifik. Dari segi manfaat dan fungsi manual book, dapat diketahui bahwa buku panduan sangat membantu pengguna produk untuk mendalami spesifikasinya. Namun kebanyakan pengguna produk malas membaca manual book, karena bacaannya membosankan. Oleh karena itu buku panduan dilengkapi dengan daftar isi. Jika ada daftar isi, kalian bisa langsung membaca mengenai deskripsi produk yang diinginkan.

  1. Dokumen Pelengkap

Sebelum melakukan ekspor atau impor, Anda perlu melakukan riset mendalam tentang persyaratan kirim dan dokumen tambahan yang perlu dilampirkan. Jika ada kesulitan, konsultasikan pengiriman Anda kepada CS Kilo.id

Artikel Lainnya

Video