Barang Personal Effect atau Personal Item, Cara Mendapatkan Barang yang Tertinggal di Negara Sebelumnya

Barang ketinggalan di luar negeri bisa dikirim pakai apa?

Kategori Barang Personal Effect atau Personal Item, Cara Mendapatkan Barang yang Tertinggal di Negara Sebelumnya

Pernahkah Anda  tidak sengaja meninggalkan barang pada saat sedang berlibur ke luar negeri? Atau tidak membawa barang-barang tertentu akibat batas berat maksimal sudah mencapai puncak? Barang-barang tersebut, apabila ingin dipulangkan/dikirim melalui jasa pengiriman, akan dikategorikan sebagai personal effect.

Apa itu personal effect?

Secara mudah, dapat dipahami sebagai barang personalia yang merupakan barang pindahan. Biasanya barang ini terdiri dari barang keperluan rumah tangga. Misalnya cargeran laptop, sepatu dan stick golf. Perlu diketahui bahwa ada peraturan dari kepabeaan yang mengatakan bahwa iplomat/Pejabat Negara yang masih tinggal diluar negeri dan hanya pulang ke Indonesia untuk keperluan cuti tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pembebasan pembayaran kepabeanan Barang Pindahan. Peraturan tersebut juga berlaku untuk warga sipil yang tinggal diluar negeri kurang dari 1 tahun.

Apakah bisa mengirim barang personal effect melalui Kilo.id?

Dengan persyaratan. Anda harus memberitahu tim CS kami mengenai status Anda saat ini, apakah seorang pekerja atau wisatawan sehingga persyaratan yang akan dimintakan oleh tim CS kami dapat membantu memulangkan/mengirim barang Anda dengan cepat dan mudah.

Contoh jika Anda adalah seorang TKI, maka akan diwajibkan membuat surat permohonan pengajuan PIBK. Formulir PIBK akan diisi bersamaan dengan BL (Bill of Landing) atau AWB (Airway Bill) asli. Anda juga seperti biasa harus mengisi invoice serta packing list yang disediakan pihak kami, menyertakan fotocopy paspor, boarding pass ticket dan surat keterangan KBRI perwakilan RI di negara tertuju.

Adapun kebijakan bisa berubah sesuai dengan tanggal dan waktu pengambilan barang tersebut.

Bagaimana supaya bisa mendapatkan barang saya kembali?

Jika kasusnya barang Anda yang tertinggal di kamar hotel atau wisma, pastikan ada pihak di negara tersebut yang bersedia membantu Anda nantinya. Pihak Kilo.id akan membantu pickup, disertai dokumen serta kelengkapan data yang tersedia. Jika dokumen atau data kurang lengkap, kami akan menunggu sampai kelengkapannya ada sebelum kami konfirmasi untuk bisa kirim.

Barang personalia apa saja yang diperbolehkan dikirim?

Selama bukan barang-barang lartas ataupun barang yang tidak memenuhi standar pengiriman. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan keterangan sejujur-jujurnya terkait barang personalia yang hendak dikirim. Adapun beberapa barang yang tidak memenuhi kriteria akan dikabarkan sebelum Anda melakukan proses packing list.

Dimana saya bisa mendatangi kantor Kilo.id pada setiap negara?

Anda hanya cukup memberikan alamat lengkap, terutama kode pos di alamat pengirim serta alamat tertuju biar nantinya dipickup secara langsung. Sebab kami hanya memiliki kantor pusat yang terletak di kawasan Jakarta Barat. Untuk informasi lebih lanjut silakan cek di halaman paling bawah dari website ini.

Apa terdapat maksimal berat kirim barang-barang personal effect?

Tidak ada. Namun kami menyarankan alangkah lebih baik < 60 kg sebagaimana pada pengiriman biasanya.