Membuat Teh Jadi Berbagai Produk Olahan Serta Cara Kirimnya Ke Luar Negeri

Gampang Banget Kirim Teh Ke Luar Negeri, Satu Kilogram Tetap Bisa Angkut

Teh menjadi bahan favorit yang bisa diolah menjadi minuman, pewangi dan obat-obatan herbal. Indonesia merupakan negara produsen teh terbesar ke-7 di dunia. Disampaikan oleh Dr. Rohayati Suprihatini selaku Ahli Peneliti Utama PT Riset Perkebunan Nusantara, teh Indonesia disebut memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan kualitas produksi negara lain. Itu dikarenakan negara tropis memiliki suhu yang cocok untuk perkebunan teh di dataran tinggi sehingga banyak pelancong dari berbagai belahan dunia menginginkan teh asli Indonesia. 

Teh dari berbagai negara yang terkenal ada Teh Obeng, Teh Tarik, Thai Tea, Mate, Masala Chai, Maghreb Mint Tea, dan Teh Talua. Ada sembilan negara yang menjadi tujuan ekspor komoditas subsektor perkebunan teh Indonesia di Sumatera Utara, yaitu Taiwan, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Pakistan, Jerman, China, dan Iran. 

Menurut data, pengiriman teh ke Malaysia selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dengan tren pertumbuhan positif 5,5% selama lima tahun terakhir. Pengiriman teh ke luar negeri dalam jumlah tertentu membutuhkan dokumen phytosanitary. Jadi sebelum hendak mengirimkan teh, pastikan sudah berkonsultasi dengan CS Kilo.id agar dapat diinfokan mengenai regulasi per tiap negara.

Dalam mengirimkan teh, bentuk produk harus yang sudah dalam bentuk siap konsumsi. Bukan produk mentah seperti daun teh. Diwajibkan kepada setiap pengirim, baik itu teh kemasan atau teh olahan mencantumkan merk, label komposisi, register BPOM, tanggal kadaluarsa serta dokumen resmi yang dibutuhkan.

Dengan banyaknya peminat teh, maka komoditas tumbuhan yang satu ini juga banyak diolah kembali menjadi produk lain yang lebih bernilai tinggi.

Masker

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, tidak sulit mendapatkan produk kecantikan sesuai dengan tipe kulit Anda. Namun kadang kala seseorang lebih menyukai produk alami, yaitu dengan memanfaatkan teh hijau sebagai masker. Apalagi ketika banyak influencer memberikan tips praktisnya. Namun perlu diketahui, pengiriman masker teh ke luar negeri tetap membutuhkan dokumen lengkap yang sesuai kebutuhan kirim.

Minuman kekinian 

Tradisi minum teh bahkan banyak dijalani oleh masyarakat beberapa negara di dunia, seperti Jepang, China, Inggris, Belanda, dan yang lainnya. Bukan hanya oleh para orang tua, teh juga begitu disukai oleh anak muda. Saat ini banyak penyedia teh lokal yang mengirimkan bubuk dalam jenis yang lebih menarik lagi. Jika Anda memiliki pembeli dari luar negeri, pastikan gunakan label Made in Indonesia supaya bisa mendapat benefit pengiriman.

Pupuk

Ampas teh ternyata bisa digunakan sebagai pupuk organik. Disinyalir kandungan pada teh dapat menyuburkan tanaman. Di dalam ampas teh celup mengandung nitrogen dan kafein tinggi yang dapat memberikan kesuburan pada tanaman. Selain itu, ampas teh juga berfungsi untuk mengusir hama khususnya serangga pengganggu tanaman. Jika Anda bisa menjadikan ini ide usaha, maka Anda bisa coba mengurusnya ke badan yang bertanggung jawab dalam menangani Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP). Setelah semua prosedur beres, maka produk siap dipasarkan ke mancanegara.

Deodoran

Teh hijau dianggap bisa menghilangkan bau mulut, bau tubuh, dan bau kaki. Teh hijau punya efek detoks karena kandungan glutathione di dalamnya. Semakin sedikit toksin di tubuh, otomatis tubuh juga semakin fresh seharian. Beberapa tips menyebut teh hijau dipercaya dapat mengurangi bau pada area ketiak dan kaki. Cara pemakaiannya pun cukup mudah karena kamu hanya perlu menggosokkan daun teh hijau (baik yang baru atau yang sudah diseduh) ke area tersebut. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. 

Aroma Terapi

Kandungan aroma terapi sering kali menyuguhkan bebauan berbahan dasar teh seperti yang laris dipasaran ada jasmin dan chamomile. Adapun pengiriman parfum, pewangi ruangan, kamper dan semacamnya memerlukan surat MSDS demi keamanan dan kenyamanan pengiriman sampai ke negara tujuan.