Ongkir Kirim Sambal Ke Luar Negeri Lebih Murah

Makanan pedas adalah kesukaan mayoritas orang Indonesia

9 dari 10 orang Indonesia menggemari masakan pedas. Tidak heran jika warung-warung makanan banyak menjajakan bahan masakan dengan rasa yang membakar lidah. Di toko-toko kelontong, pedagang menjual sambal jadi dalam bentuk jar ataupun bubuk yang bisa dinikmati kapan saja. 

Sambal bagikan kebutuhan utama kedua setelah air mineral. Jika Anda berkunjung ke luar negeri, masakan pedas tidak akan terlalu mendominasi seperti di Indonesia. Oleh karena itu, banyak yang senang mengantongi Bon Cabe, Sasa Bon Tabur, dan Saos Sambal di tas mereka ketika sedang berlibur. 

Jika Anda hendak mengimpor sambal dari Indonesia dengan menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di sini

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya yaitu untuk memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Ongkir kirim sambal ke luar negeri bisa hemat banget berkat Kilo.id, silahkan cek informasi estimasi harga di tiap negara menggunakan pilihan yang ada di beranda website ini. Tiap negara sudah disertakan harga estimasi kirim. Pengiriman satuan pun siap diangkut ke negara tujuan Anda! Namun tetap perlu diperhatikan bahwa setiap kiriman cross-border diperlukan komponen yang harus dipenuhi. Berikut ketentuan pengiriman sambil baik ekspor maupun impor.

Cabai Merah Di Permukaan Putih

Merk terdaftar Dalam Pendataan

Nama produk adalah hal penting sebelum Anda melakukan pengiriman produk makanan, tidak terkecuali sambal. Bahan mentah yang masih dalam bungkusan sebelum diolah belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan. Jika Anda melakukan bisnis reseller maka nama produk ditulis lengkap di packing list agar bisa dilacak ketersedian (availability) sebelum barang dikirim.

Menuliskan Tanggal Kadaluarsa

Sambal yang awet dalam waktu lama perlu menyertakan tanggal produksi serta masa kadaluarsa. Sambal jar/bubuk yang masih tersegel dengan baik dan disimpan dalam suhu ruangan bisa awet selama beberapa tahun. Tanggal kadaluarsa ditentukan untuk mengetahui tingkat keamanan suatu produk untuk dikonsumsi.

Sudah menyertakan BPOM pada kemasan

Pentingnya memiliki lisensi BPOM adalah agar produk tersebut sudah teruji dan memiliki kandungan yang aman digunakan. Selain itu, pengiriman ke luar negeri perlu adanya pernyataan resmi bahwa lisensi ini aman untuk masuk ke negara tertuju. Dengan memiliki produk yang sudah terlisensi oleh BPOM, maka ada sertifikat yang menunjukan hasil uji lab, label berwarna, sample produk dan dokumen pendukung lainnya.

Label Komposisi

Pelaku usaha perlu menjamin produk yang diedarkan aman sehingga harus ada label komposisi yang tercantum di dalamnya. Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai bahan makanan yang dikirim. Akan lebih aman jika label komposisi dalam kemasan sudah menyertakan dua bahasa, salah satunya berbahasa inggris.

Tambahan form MSDS

Ini penting dilampirkan terkhusus produk-produk yang berisi sambal cair atau likuid. Sebelum Anda mengirim produk, CS Kilo.id biasanya akan memberikan informasi lebih rinci terkait setiap pengiriman. Beberapa universitas dan perusahaan menyediakan informasi tentang MSDS dalam situsnya, termasuk LIPI. Adanya MSDS ini berfungsi untuk mencegah, menghindari dan mampu menanggulangi kecelakaan dalam pengiriman yang mungkin terjadi, serta sikap kehati-hatian dalam menangani kandungan produk makanan berbahan dasar cair.

-----
Untuk informasi terupdate mengenai kiriman barang yang lain, ikuti media sosial Instagram @kilo_id. Bisa tanyakan melalui chat WA atau DM mengenai produk apa yang hendak Anda kirimkan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri.