fb-pixel-code

Cara Kirim Benda Cair Ke Luar Negeri

Bagaimana cara aman mengirim produk berbentuk cairan?

Kilo.id - 03/11/2021, 15:27 WIB

Bagikan:

Kirim barang cair ke luar negeri punya banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Dalam kebanyakan kasus, pengiriman barang tertentu dinyatakan ilegal jika sudah berpotensi tinggi membahayakan pengiriman. Cairan seperti spiritus, vape, aftershave, cat, dan bahkan parfum dianggap sebagai barang yang mudah terbakar, oleh karena itu harus mengikuti prosedur yang berlaku. 

Adapun resiko mengirim benda cair yaitu: 

  • Mudah tumpah akibat goncangan

  • Sifat mudah mengotori atau menyerap jika terjadi kebocoran di sekitarnya

  • Mudah menguap berpotensi akan ledakan atau kebakaran

  • Bau menyengat jika mengandung bahan kimia tertentu

Dengan Kilo.id, Anda bisa mulai kirim barang cair ke luar negeri dari 1 kg saja dengan menyertakan lembar MSDS yang sah, serta jika dibutuhkan dokumen lainnya maka tim CS akan segera menginfokan kepada Anda. Lembar Material Safety Data Sheet (MSDS) atau disebut Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) adalah dokumen yang berisi informasi mengenai informasi (kesehatan, kebakaran, reaktifitas dan lingkungan) yang aman dari suatu produk. Terdapat panduan cara menghandle produk hingga kandungan di dalamnya.

Setiap negara memiliki persyaratan kirim barang cair yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, Anda bisa memulai dari sini:

  1. Masukkan Cairan ke dalam Kantong Tahan Air

Tempatkan botol berisi cairan di dalam wadah tahan air. Jika mencuat dari tas, Anda perlu menemukan tas tahan air yang besar. Botol harus benar-benar tertutup rapat di dalam kantong kedap air. Pastikan kantong kedap air benar-benar tertutup. Segel ganda adalah lapisan plastik ekstra baik di sekitar tutup botol atau dalam bentuk tutup yang bisa dikupas. Memastikan tutupnya tidak terlepas selama pengiriman adalah langkah pertama Anda.

  1. Cairan Tertentu Membutuhkan Pendingin Styrofoam

Jika Anda mengirim cairan yang dingin, alih-alih memasukkan cairan kedap air langsung ke dalam kotak kardus, cairan yang mudah rusak harus dimasukkan ke dalam pendingin styrofoam terlebih dahulu. Ini akan melindungi produk dari panas dan menjaganya pada suhu yang seharusnya. Begitu berada di dalam pendingin, kelilingi cairan dengan paket gel beku. Ini akan membuatnya tetap dingin dan tidak tergelincir di dalam pendingin.

  1. Letakan Produk Anda yang Dikemas ke dalam Kotak Karton

Jangan pernah meremehkan kemasannya. Karena kebocoran adalah risiko, Anda harus selalu menyegel cairan Anda dalam kantong kedap air ganda dan memastikannya aman di dalam kotak kardus Anda. Berikan selotip pada bagian-bagian yang rentan bocor, pastikan tertutup aman. Jika Anda pmenggunakan packagaing lain, hubungi CS Kilo.id untuk mendapat informasi lengkap seputar packaging yang tepat untung benda cair.

  1. Tandai Kotak Anda Dengan Label Tertentu

Diantara sekian banyak benda cair yang aman, ada beberapa di antaranya yang ternyata dapat membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan para pekerja dan lingkungannya (K3LH). Bahkan untuk membedakan antara bahan kimia berbahaya dengan bahan kimia yang tidak berbahaya diperlukan suatu simbol khusus yang bersifat universal. Inilah yang mendasari dibuatnya suatu peraturan tentang simbol bahan kimia berbahaya. 

Dikutip dari Solusi Synergi, simbol bahaya kimia adalah suatu piktogram berlatar belakang orange dengan garis batas dan gambar berwarna hitam. Gambar yang terdapat dalam piktogram umumnya menggambarkan sifat bahaya dari bahan yang dilabeli. Sifat bahaya tersebut misalnya risiko ledakan dan kebakaran, risiko kesehatan dan keracunan, atau kombinasi keduanya.

Bagaimana mengirim benda cair ke luar negeri aman?

Anda bertanggung jawab untuk memeriksa apakah suatu barang dilarang atau dibatasi. Jika Anda mengirim barang ke sejumlah negara termasuk Inggris Raya dan Uni Eropa, memberlakukan batasan tertentu, yang juga dikenal sebagai sanksi, atas apa yang dapat Anda kirim ke individu, organisasi, atau negara tertentu. Tim CS Kilo.id akan bantu menginformasikan update pengiriman ke luar negeri.

Jika Anda hendak mengirimkan benda berbentuk cairan menggunakan jasa Kilo.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp tentang pengiriman benda cair. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di halaman per negara website ini.

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Benda cair apa saja yang aman dikirim melalui Kilo.id?

Sebagian besar diperbolehkan. Jika Anda ingin mengirim madu, pasta gigi, air zam-zam, krim gel rambut, kuah makanan, obat, dan sebagainya bisa konsultasikan terlebih dahulu ke CS Kilo.id. Karena setiap negara memiliki perbedaan kebijakan. Kilo.id adalah ekspedisi yang bisa mengirim benda cari dalam bentuk botolan (satuan) ataupun dalam kuantiti besar.

Apakah contoh benda cair yang dibatasi kirim?

Parfum yang mengandung alkohol tidak boleh dikirim ke luar negeri atau dikirim ke dalam negeri menggunakan transportasi udara. Parfum yang mengandung alkohol hanya dapat dikirim di dengan transportasi laut,

Dalam banyak kasus, Anda harus mengirimkan barang tertentu lainnya, seperti kaleng aerosol, hanya melalui jalur laut atau darat. Itu berarti mereka tidak dapat dikirim melalui paket pengiriman udara di halaman website, karena cairan dikhawatirkan dapat meledak dengan perubahan tekanan udara yang terkait dengan penerbangan. 

Benda apa saja yang dilarang kirim internasional?

Barang yang Dilarang secara Internasional: Aerosol, Kantong Udara, Minuman beralkohol, Amunisi, Rokok, Es kering, Bahan peledak, Buah dan Sayuran Segar. Adapun minyak bahan bakar, etanol, air keras, bahan kimia penelitian, dan zat lainnya juga akan dipertimbangkan dan wajib melampirkan MSDS. 

Cat tiner, alkohol, bahan kimia berbahaya, tabung gas LPG, Bahan Bakar Minyak, cairan yang mudah terbakar, dan obat-obatan yang melanggar hukum dilarang kirim. Pihak transportasi seperti penerbangan telah menerbitkan aturan bahwa cairan dengan sifat dan jenis di atas sebagian tidak bisa ikut dalam penerbangan.

Cairan yang tidak mudah terbakar dan tidak berbahaya dapat dikirim melalui Kilo.id, jika disegel di dalam wadah kedap air. Tandai wadah luar berisi cairan, sehingga kurir Kilo.id mengetahui isi di dalamnya. Jangan mengirimkan cairan yang disegel hanya dengan segel gesekan atas, atau tekan ke bawah.

Apakah mengirim benda cair dikenakan pajak?

Dari sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.10/2019, semua barang impor termasuk dari Batam akan dikenakan Bea Masuk (BM) dan Pajak Dalam Rangka Impor [PDRI]. Sedangkan jika mengirim ke luar negeri, maka pajak ditanggung oleh penerima barang. Maka dari itu, Anda harus berkoordinasi dengan pihak penerima barang. Jika barang tidak ditebus maka pilihannya barang dapat dikembalikan dengan membayar lagi atau dihancurkan petugas.

Baca artikel Ekspor Furniture Dalam Waktu Singkat, Persyaratan Kirim Mebel Ke Luar Negeri

Artikel Lainnya

Video