Tips Packing Barang Aman Ke Luar Negeri

Selain memastikan isi barang harus sesuai dengan keadaan barang sesungguhnya, memperhatikan cara packing juga sangat dibutuhkan demi menghindari dari keadaan yang tidak diinginkan.

Packing barang yang aman ke luar negeri menjadi suatu kepastian bagi para pengirim (shipper). Sebelum Anda memberikan paket kepada jasa pengirim, Anda memerlukan kemasan yang sesuai agar tidak rusak, atau merusak barang lain pada saat diantarkan.

Jika Anda sedang melakukan usaha, packing menjadi syarat penting bagi customer Anda. Mereka akan menerima pesanan dalam kondisi sangat baik sehingga ingin membeli dari Anda lagi harus selalu menjadi prioritas utama.

Mengetahui kebutuhan packing

Setiap produk biasanya memiliki persyaratan kemasan yang berbeda. Untuk memastikan Anda memenuhi semua ini, pertimbangkan elemen penting pada saat mengemasnya: Berat, Ukuran dan bentuk, Jenis atau bentuk konten, Kerapuhan dan Nilai Barang.

Selain itu, periksa peraturan bea cukai di negara tertuju. Barang-barang tertentu yang diatur memerlukan pengemasan khusus. Pastikan Anda mengikuti mereka untuk menghindari masalah apa pun yang mungkin muncul di pengantara.

Perekat Ekstra Kuat

Perekat ekstra kuat ini berfungsi mencegah kerusakan, pencurian dan gangguan barang dalam kiriman Anda. Tali pengikat ekstra kuat dan pita pengemasan khusus menjaga barang-barang Anda tetap utuh dan mencegah orang membuka paket dalam perjalanan.

Untuk perlindungan lengkap produk Anda selama pengiriman, hindari sangat berhemat pada bahan kemasan. Ini berarti menggunakan bahan yang tepat, misalnya pada pengiriman pakaian, bisa disolatip menyeluruh agar tahan air. 

Jika Anda akan mengirimkan barang yang rapuh atau besar, gunakan kotak dengan dinding ganda atau tiga. Selain itu, pastikan Anda memeriksa kekuatan dan jenis kotak untuk memastikan mereka cocok untuk membawa dan melindungi barang Anda.

Terakhir, pilih kotak dengan ukuran yang sesuai untuk produk yang akan Anda kirim. Mengemas hanya beberapa item dalam kotak besar dapat menyebabkan wadah runtuh. Di sisi lain, mengisi karton secara berlebihan dapat menyebabkannya pecah.

Gunakan Bagian Kosong untuk melindungi barang-barang di sekitarnya

Sangat penting mengisi rongga yang sesuai digunakan untuk memastikan bahwa produk tidak bergerak dan menjadi rusak di kotak pengirimannya saat diangkut. Hal ini terutama berlaku untuk barang-barang besar dan berat yang berpotensi merusak stok di sekitarnya.

Bubble wrap bagus untuk melindungi barang itu sendiri, tetapi jika Anda ingin melindungi barang lain dari barang besar dan berat yang jatuh di atasnya, pengisi kekosongan seperti vermikulit sangat ideal.

Menggunakan Label atau Tanda Khusus Barang Kategori Berbahaya

Barang berbahaya dipisahkan ke dalam kategori tergantung pada jenis kerusakan yang dapat ditimbulkannya. Contoh produk berbahaya meliputi: Cairan dan gas yang mudah terbakar, limbah beracun, zat infeksius, bahan radioaktif. Jika Anda mengirim barang-barang ini secara teratur, Anda mungkin juga diminta untuk mempekerjakan Penasihat Keamanan Barang Berbahaya.

Barang berbahaya yang diangkut dengan pesawat udara memiliki tingkat keamanan tinggi. Pengemasan harus menggunakan  kemasan  dengan  kualitas  baik,  bahan  dan  penutup  yang  aman untuk  mencegah  kebocoran  yang  disebabkan oleh  pengangkutan,  seperti  perubahan  suhu, kelembaban, tekanan  atau getaran; serta memenuhi spesifikasi bahan dan konstruksi.

Kemasan yang digunakan untuk  barang berbahaya berbentuk bahan cair harus diposisikan berdiri,tanpa ada kebocoran, serta tahan terhadap tekanan. Pengemasan barang  berbahaya  yang menggunakan kemasan dalam (inner packaging) harus dikemas secara  aman  dan dilengkapi dengan bahan penahan untuk mengontrol gerakan  guna  mencegah  kerusakan  dan kebocoran, serta bahan  penyerap  yang tidak bereaksi  terhadap  barang berbahaya.  Kemasan dilarang  digunakan  kembali  kecuali  telah diperiksa  dan dinyatakan  bebas  korosi  atau kerusakan  lainnya  oleh  personel  penanganan pengangkutan barang berbahaya.

Jasa Pengiriman atau Jasa Ekspedisi yang dapat membantu layanan repacking

Kilo.id dapat membantu pengiriman ke luar negeri maupun ke Indonesia dengan minimum berat 1 kg. Layanan Kilo.id juga senantiasa membantu proses repacking apabila terdapat barang yang di luar kategori aman untuk dikirim. Segera hubungi customer service Kilo.id untuk mendapatkan pelayanan harga ekonomis dengan kemudahan kirim barang keluar negeri terbaik.