fb-pixel-code

Tips Angkut Barang Pindahan Ke Luar Negeri atau Pengiriman Barang Pindahan ke Indonesia

Kirim barang dari Indonesia atau dari luar negeri murah Langsung dipickup sampai ke tempat tujuan

Kilo.id - 15/10/2021, 12:54 WIB

Bagikan:

Apakah Anda adalah pegawai negeri sipil (PNS) / ASN, anggota Polri dan TNI yang mendapat tugas kerja atau belajar di luar negeri, para pelajar Indonesia di luar negeri, tenaga kerja Indonesia di luar negeri atau pekerja migran Indonesia, tenaga kerja yang ditempatkan oleh perusahaannya di luar negeri, atau bahkan warga negara asing (WNA) yang ditugaskan kerja di Indonesia?

Berpindah dari satu wilayah ke tempat yang lainnya membutuhkan usaha untuk menyortir barang, mengumpulkan barang hingga membawa barang yang diperlukan untuk keberlangsungan hidup di tempat yang baru. Menggiring barang pindahan ke luar negeri atau ke dalam negeri biasanya memiliki batas maksimal beban sesuai dari kebijakan maskapai penerbangan masing-masing.

Barang yang masuk dalam kategori barang pindahan adalah barang rumah tangga yang digunakan dalam keseharian. Artinya barangnya tidak dalam jumlah yang begitu banyak untuk satu jenisnya. Sebab, barang dengan jumlah banyak untuk satu jenis biasanya masuk kategori barang dagangan.

Jika Anda ingin membawa cukup banyak perabotan, sebisa mungkin Anda memetakan mana saja yang hendaknya diangkut terlebih dahulu, dan yang mana bisa menyusul diangkut. Atau jika kamu tidak mau repot sama sekali, serahkan urusan pengiriman barang Anda kepada jasa kirim internasional Kilo.id.

Berkat adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 28 Tahun 2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan, Anda tidak perlu khawatir harga yang bisa membengkak. Namun terdapat syarat jika ingin mendapatkan fasilitas tersebut, semua yang bisa memanfaatkan fasilitas bebas pajak ini harus menetap minimal selama 1 tahun dan khusus WNA harus memiliki surat izin menetap sementara dan surat izin kerja sementara dengan waktu minimal 1 tahun.

Di Kilo.id, estimasi harga pengiriman ditulis dengan lengkap per tiap negara. Anda hanya perlu menghubungi CS untuk memastikan berapa kilogram barang yang diangkut serta ke negara mana Anda ingin membawa barang pindahan ke luar negeri.

Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum mengangkut barang untuk pindahan ke luar negeri maupun sebaliknya.

Menentukan prioritas barang 

Barang paling utama yang harus dibawa saat pindahan ke luar negeri adalah dokumen resmi serta pakaian yang akan dikenakan untuk seminggu kedepan. Penting membuat daftar barang yang akan dibawa pindahan. Sisanya bisa kemudian Anda cicil pengiriman melalui jasa Kilo.id yang tanpa batas minimal maupun maksimal pengiriman untuk sekali angkut. 

Usahakan barang yang dikirim adalah barang yang memiliki nilai tinggi dan tidak dapat tergantikan di negara tujuan. 

Mengemas Barang Jauh Hari Sebelum Tanggal Kepindahan

Mengemas barang-barang saat akan pindahan normalnya tidak cukup sehari. Anda akan menyortir apa saja barang yang harus dibawa dan mana yang mesti ditinggalkan. Salah satu tips cepat dan ampuh saat mengemas yaitu dengan memberi label pada kategori barang. Dengan melakukan ini, kamu dengan mudah dapat mengidentifikasi dengan mudah nantinya. Penting juga memisahkan barang-barang yang mudah pecah atau berbahaya

Menentukan Packing Yang Tepat

Jangan biarkan barang Anda rusak dengan pengemasan yang kurang baik. Menentukan jenis pengemasan harus diperhatikan betul-betul agar menghindari keadaan yang tidak diinginkan. Berbagai goncangan dalam pengiriman mungkin saja bisa terjadi, maka dari itu kerangka kemasan haruslah membal sehingga tidak mudah hancur ketika terjatuh. Jika Anda melakukan packing kayu, pastikan Anda mengetahui bahwa ada pengecekan fumigasi sebelum barang dikirim. Usahakan menggunakan packing yang aman!

Menyusun Barang Dalam Kemasan

Agar mudah ketika Anda membuka packingan di tempat tujuan, serta menghindari ketidakefektifan saat pengemasan, susun barang Anda sebaik mungkin. Pindahan ke luar negeri mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, alangkah lebih baik jika menggunakan kemasan yang efektif dan efisien. Adapun teknik menggulung baju bisa membuat ruang jadi semakin lebih luas. Minimalisir barang-barang yang tidak dibutuhkan agar biaya pengiriman tidak membengkak. Dengan Kilo.id, Anda bisa mendapatkan pengiriman dengan biaya murah dengan kuantiti yang semakin besar.

Memastikan Keamanan Pengangkutan

Persiapan administrasi dokumen, packing barang yang akan dibawa, hingga pemilihan penerbangan adalah sebagian hal penting yang ada di dalam checklist. Setelah tiba di negara tujuan, beberapa list yang penting dan sudah di benak anda di antaranya: mengurus tempat tinggal, memproses administrasi akademik bagi pelajar, atau melapor ke tempat kerja bagi pekerja.

Pindah tempat tinggal harus memiliki perencanaan yang matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda ingin berpindah negara, sudah pasti harus melengkapi dokumen dan surat berharga lain demi kelancaran proses administrasi di negara tujuan. Tetapi jika Anda mulai mempersiapkan lebih awal, Anda akan menemukan bahwa seluruh proses dapat dikelola. Untuk membantu Anda memulai, Kilo.id mengumpulkan beberapa langkah yang harus diambil sebelum pindahan ke negara tertuju.

  1. Riset budaya serta bahasa negara tujuan

Jika Anda pindah ke negara yang tidak berbahasa Inggris, bahkan jika Anda pernah mendengar "semua orang berbicara bahasa Inggris", bantulah diri Anda sendiri dan belajar membaca dan mengucapkan kata-kata penting. Karena hanya karena orang bisa berbahasa Inggris tidak berarti rambu-rambu jalan juga akan berbahasa Inggris.

Pelajari negara kedatangan Anda nanti, apakah mereka mempunyai batasan pengiriman atau larangan pengiriman tertentu? Misalnya saja di Singapura Anda tidak diperbolehkan membawa permen karet, di Australia tidak diperkenankan membawa makanan olahan daging-dagingan, serta di Amerika tidak diperkenankan membawa beberapa jenis keju. 

Setiap negara memiliki ketentuannya masing-masing. Kilo.id dapat membantu mengarahkan Anda jika membutuhkan informasi seputar larangan tiap negara di bagian bawah pilihan negara yang ada di website ini.

  1. Mengurus Dokumen penting seperti paspor dan visa

Ketahui persyaratan visa di negara tempat tinggal Anda yang baru. Beberapa negara memerlukan validitas hingga 12 bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan, dan perbaharui paspor jika diperlukan. Cari tahu apa saja urusan administrasi yang diperlukan sebelum pindah, jangan terlambat ketika mengurusnya. Proses aplikasi visa dapat memakan waktu enam bulan atau lebih.

  1. Pemindahan Barang-Barang

Baik Anda hanya pergi ke luar negeri selama satu semester atau memindahkan seluruh keluarga ke belahan dunia lain, Anda tetap harus memindahkan barang-barang Anda. Terutama jika Anda menyukai apa yang ada di Indonesia seperti makanan pedas, Anda membutuhkan pengiriman sambal atau cabai sewaktu-waktu bila Anda tengah rindu dengan cita rasa yang membakar lidah.

Jika Anda mencari cara mudah untuk mendapatkan ketenangan pikiran selama Anda pindah ke luar negeri, layanan kurir Kilo.id siap membantu mengantarkan barang dengan selamat sampai tujuan. Proses kirimnya mudah dan singkat. Misalnya Anda bisa mengecek estimasi waktu dan biaya kirim barang pindahan ke Malaysia. Mulai dari berat satu kilogram saja, Anda bisa kirim ke seluruh dunia tanpa biaya admin tambahan. Pengiriman mulai dari harga puluhan ribu rupiah, Anda sudah bisa mengirimkan barang pindahan Anda. Bandingkan dengan biaya bagasi ekstra, bisa dikenakan carge yang lebih mahal ketimbang menyusulkan barang Anda melalui Kilo.id

Artikel Lainnya

Video