fb-pixel-code

Tas Rotan Banyak di Sukai Turis Luar. Kirim Kerajinan Rotan ke Mancanegara

Ekspor Kerajinan Rotan Keluar Negeri

Kilo.id - 17/01/2023, 15:31 WIB

Bagikan:

Indonesia dikenal dengan keindahan alam dan sumber dayanya, salah satu sumber daya alam yang dapat diolah lagi oleh masyarakat yaitu rotan. Rotan sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang merambat dan dapat dijadikan sebuah kerajinan. Saat ini rotan asal Indonesia sudah di ekspor ke berbagai negara, seperti:

  1. Jerman
  2.  Israel
  3.  Malaysia
  4.  Rusia
  5.  Turki
  6. Amerika Serikat
  7.  Inggris
  8.  Belanda
  9.  Jepang
  10. Finlandia, dan ke beberapa negara lainnya.

Presentase penjualan kerajinan rotan

Presentase penjualan kerajinan rotan keluar negeri saat ini lumayan tinggi. Dilansir dari katadata.co.id pada tahun 2021, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia atau yang bisa disebut HIMKI memperkirakan bahwa ekspor mebel dan kerajinan pada tahun 2021 menembus 3,43 USD atau sekitar 48,7 triliun. Angka tersebut cukup melesat jauh dari pada tahun sebelumnya yaitu 2020. Angka tersebut merupakan angka terbesar sepanjang 10 tahun terakhir,dan diperkirakan akan terus melejit 2-3 tahun mendatang.

Dokumen yang diperlukan untuk ekspor kerajianan rotan Menggunakan Forwarder

  1. Invoice Packing List (IPL)

Untuk pengiriman keluar negeri, salah satu dokumen yang diperlukan untuk ekspor kerajinan rotan adalah IPL atau invoice packing list. Dokumen yang berisi mengenai berapa banyak barang yang dikirimkan, barang yang akan dikirimkan apa saja, berapa value dari barang yang dikirimkan, serta berat dan ukuran barang yang akan dikirimkan. Hal ini berguna untuk pengecekan bead dan cukai saat barang keluar dari negara asal dan masuk ke negara tujuan, IPL atau invoice packing list ini juga berguna untuk mengetahui ukuran barang serta untuk menentukan biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman. 

  1. Air Way Bill (AWB)

Dokumen kedua yang diperlukan untuk proses ekspor anyaman bamboo adalah air way bill atau sering disebut sebagai awb. Dokumen yang satu ini adalah salah satu dokumen terpenting yang diperlukan untuk proses pengiriman suatu barang. AWB ini biasanya berasal dari forwarder atau ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman kalian. AWB berfungsi untuk penerbangan barangmu, sebagai kontrak pengiriman . Dimana dituliskan secara jelas dokumen pengiriman, sebagai bukti barang yang sudah dikirimkan sesuai dengan pengiriman yang di inginkan dan juga bukti bahwa barang telah dikirimkan ke penerima sesuai barang yang dikirimkan. AWB juga bisa kamu gunakan untuk tracking barang yang kamu kirim atau barang yang akan kamu terima, jadi kamu bisa mengawasi barangmu sudah dimana dan apakah ada kendala atau tidak dalam proses clearancenya.

  1. Dokumen Lainnya

Untuk ekspor kerajinan rotan keluar negeri, untuk pengiriman dalam sekala kecil tidak dibutuhkan dokumen lain selain 2 dokumen diatas. Namun, apabila pengirimannya dalam skala besar yaitu business to business mungkin akan diperlukan dokumen tambahan, dan akan dilakukan pegecekan lebih lanjut. Namun untuk pengiriman dalam skala kecil dan kirim untuk perorangan saat ini belum dibutuhkan dokumen tertentu, jadi kamu bisa ekspor kerajinan rotanmu ya.

Kerajinan Tas Rotan

Perkembangan kerajinan rotan semakin meningkat dari hari ke hari, yang awalnya hanya kerajinan barang – barang umum saja. Kini rotan sudah dijadikan kerajinan yang menjanjikan dan mempunyai nilai estetika. Salah satu kerajinan rotan yang mempunyai nilai estetika sendiri dan sudah berhasil di ekspor ke beberapa negara adalah tas rotan. Kerajinan tas rotan sendiri sampai saat ini tidak hanya memiliki bentuk kotak atau persegi seperti tas pada umumnya, namun juga memiliki bentuk yang unik seperti tas rotan yang berbentuk bulat. Tas rotan yang di ekspor pun tidak hanya produksi local yang tanpa merk saja, namun juga sudah ada beberapa tas rotan bermerk yang berhasil ekspor ke mancanegara, salah satu brang yang berhasil adalah Chameo yang berhasil ekspor ke negeri paman sam yaitu Amerika Serikat.

Kerajinan Rotan Lainnya

Kerajinan rotan yang berhasil di ekspor ke berbagai negara tidak hanya berupa tas saja, namun juga barang – barang kerajinan rotan lainnya, seperti tempat nasi, nampan, piring rotan. Kemudian juga ada kerajinan rotan yang berupa furniture berhasil ekspor ke pasar luar negeri, seperti meja, kursi dan masih banyak barang lainnya yang berhasil ekspor ke luar negeri. Bukan hanya tas rotan yang bayak di minati turis asing, makanan tradisional indonesia juga banyak disukain sama turis asing. Membuat kue tradisional membutuhkan cetakan yang khusus dari indonesia. Kirim cetakan kue ke luar negeri menggunakan jasa kilo lebih mudah, aman dan cepat sampai nya . 

Kerajinan rotan yang di ekspor pun dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Yogyakarta, Bali hingga Lombok. Kerajinan ini juga menjadi salah satu penyumbang devisa yang besar, dikarenakan kerajinan rotan menjadi salah satu barang yang penjualannya terus mengalami kenaikan sampai tahun ini

Potensi Ekspor Kerajinan Rotan

Walaupun Indonesia sudah berhasil dan memiliki pangsa pasar di luar negeri, namun masih banyak potensi untuk ekspor ke luar negeri untuk kerajinan yang satu ini. Kamu bisa mengambil pangsa pasar yang belum dijangkau oleh penjual dari Indonesia saat ini. Mudahnya lagi, untuk pengiriman kerajinan ini tidak diperlukan dokumen khusus atau dokumen tambahan lho. Untuk pengiriman hanya diperluka invoice packing list dan air way bill saja. Jadi buat kamu yang ingin ekspor kerajinan rotan keluar negeri, bisa dijadikan peluang, karena proses pengiriman yang relative mudah dibandingkan barang – barang olahan dari kayu.

Buat kamu yang mau kirim produk kerajinan rotanmu, kamu bisa langsung menghubungi customer service kami ya, kami akan membantu pengiriman kamu mulai dari proses pick up dari rumah kamu, hingga pengiriman sampai dirumah penerima, ingin pengiriman barang aman, cepat, terjangkau, dan terpercaya? Pakai Kilo.id saja.

Penghitungan Berat dan Dimensi

Kerajinan rotan biasanya memiliki berat timbangan yang ringan, namun jangan hanya terpatok dengan berat timbangan saja. Biasanya kerajinan rotan memiliki dimensi yang cukup besar, sehingga bisa jadi hitungan volumenya bisa lebih besar dari pada hitungan timbangan. Perlu kamu ketahui untuk pengiriman keluar negeri, yang diperhitungkan tidak hanya hitungan berat timbangan saja, namun berat volume juga di hitung, sehingga apabila berat volumenya lebih besar dari timbangan. Maka yang akan dihitung kiloan berdasarkan ongkos kirimnya yaitu volume. Untuk hitungan volume untuk pengiriman internasional sebagai berikut panjang X lebar X tinggi : 5000. Dari hitungan tersebut kamu bisa mendapatkan hitungan volume barangmu.

Tata Cara Pengiriman Ekspor Menggunakan Kilo.id

  • Buat kamu yang sudah punya rencana untuk pengiriman produk ekspor kamu, kamu bisa menghubungi nomor customer service kami via chat whatsapp.
  • Kemudian, kamu bisa sebutkan barang apa yang ingin kamu kirimkan serta ke negara tujuan ekspor kamu ya.
  • Setelah itu, tim kami akan lakukan cek regulasi barang yang ingin kamu kirimkan
  • Apabila regulasinya bisa, barang akan dibantu pick up dari rumah kamu, mudah kan? Jadi kamu tidak perlu repot untuk mengantar paket yang ingin kamu kirimkan
  • Setelah barang sampai di kantor kami, nanti akan diberikan invoice tagihan dan barang akan segera diterbangkan menuju negara tujuan.
Artikel Lainnya

Video