fb-pixel-code

Prosedur Kirim Kecap Ke Luar Negeri Yang Murah & Mudah, Negara Mana Yang Sering Menerima Makanan Dari Indonesia?

Bumbu penyedap asal Indonesia kaya akan rempah yang menghasilkan rasa pekat di lidah.

Kilo.id - 27/10/2021, 11:23 WIB

Bagikan:

Kecap adalah bumbu makanan lokal yang sangat digemari. Jika Anda berkunjung ke rumah makan, tak heran bumbu penyedap yang satu ini tersedia dimana-mana. Pasalnya kecap tidak hanya ada di Indonesia, ada juga di luar negeri. Malaysia dan Singapura punya brand kecap manis, namun soal rasa tidak mengalahkan Kecap Bango, Kecap Cap Orang Jual Sate, Kecap ABC, Kecap Benteng SH, Kecap Indofood, Kecap Cap Korma, Kecap Tropicana Slim, Kecap Kokita, Kecap Sedaap, Kecap Mirama, Kecap Javara, Kecap Lingkar Organik, Kecap Nasional, dan lain sebagainya. 

Kecap merupakan sebutan yang tepat bagi saus fermentasi umumnya kacang kedelai, berwarna coklat. Kecap dimanfaatkan sebagai penambah rasa makanan. Cara pembuatan kecap pada dasarnya yaitu kedelai dimasak dan dikombinasikan dengan kultur jamur aspergillus oryzae untuk fermentasi.  Bibit kecap tersebut kemudian dicampur dengan air garam dan disimpan di dalam pot dalam waktu lama. 

Jika Anda hendak mengirim kecap ke luar negeri, pastikan kecap sudah memiliki merek atau brand. Kecap harus sudah melalui standar yang sesuai seperti BPOM, label halal MUI (jika ingin dikirim ke negara mayoritas muslim), dan kandungan label komposisi yang meliputi: ingredients, tanggal kadaluarsa, dan kandungan gizi lengkap dengan MSDS. 

Agar tidak bingung mengirim kecap ke luar negeri, hubungi CS Kilo.id melalui pesan WhatsApp. Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang bisa Anda unduh di halaman per negara website ini. 

Setelah formulir sudah diisi, CS akan mengarahkan Anda pada tahap selanjutnya yaitu pengecekan. Dimana sebelum barang Anda di pick-up atau di drop-off sesuai dengan pilihan Anda, penting untuk mendokumentasikan produk yang hendak dipacking. Fungsinya adalah memastikan jika tidak ada kesalahan pengukuran dan isi barang sesuai dengan yang tertulis. Adapun Anda perlu menginformasikan kepada CS kapan waktu yang tepat untuk paket Anda diproses setelah pembayaran.

Bagaimana Prosedur Mengirim Kecap Aman

Kecap adalah komoditi yang banyak diborong oleh rumah makan Indonesia di luar negeri. Bahan penyedap bumbu nasi goreng, sate dan aneka ayam bakar menggunakan kecap asli dari Indonesia. Lalu, jika sedang tinggal di luar negeri dan hendak mengimpor kecap lokal, berikut yang perlu diketahui lebih jauh.

Segi Kelengkapan Dokumen

Sebelum barang Anda di pickup atau di drop off melalui kantor Kilo.id, pertama-tama Anda harus mengisi dokumen ekspor berupa commercial invoice & packing list. Dari packing list, akan diketahui dokumen apa saja yang perlu dilampirkan. Setiap negara memiliki peraturan pengiriman berbeda-beda. Ada negara yang melakukan pembatasan jumlah kirim, ada yang bahkan melarang. Anda akan diinfokan mengenai pengiriman sebelum melakukan transaksi. Benda cair biasanya memerlukan dokumen pelengkap seperti MSDS, siapkan terlebih dahulu. Beberapa negara mewajibkan adanya kelengkapan MSDS ketika memasukan benda cair.

Jika pengiriman dalam jumlah banyak, proses customs clearance untuk pengurusan keberangkatan barang-barang ekspor secara umum memerlukan beberapa dokumen- dokumen dari perusahaan eksportir sebagai berikut: Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Invoice / Packing List Barang Ekspor.

Segi Packaging

Ada kecap yang dijual dalam bentuk botol beling, namun ada juga yang dalam bentuk plastik. Jika menggunakan beling Anda harus melakukan packing yang super ketat, agar barang tidak pecah selama di perjalanan. 

Jasa Pengiriman Terpercaya

Pengiriman ke luar negeri berbeda dengan pengiriman regional. Ada peraturan yang mesti Anda ikuti sebelum mengirim produk kecap. Gunakan jasa kurir terpercaya yang sudah berpengalaman dengan pengiriman, cara mengecek dengan cara berikut. 

Pertama pastikan ketika Anda mengetik di mesin pencari, keluar artikel di media massa yang memberitakan seputar jasa kirim tersebut. Jika jasa pengiriman sudah diberitakan artinya jasa tersebut cukup kredibel. Tidak berhenti sampai di situ, misalnya Anda ketik Kilo.id di YouTube sudah banyak pengguna layanannya yang membagikan cerita pengalaman seputar jasa kirim Kilo.id. 

Kedua, pastikan bahwa media sosial dan website jasa kirim tersebut aktif. Di zaman serba canggih seperti ini sudah jarang ada jasa kirim kredibel yang tidak memiliki identitas online. Anda bisa tracking bagaimana kepuasan pelanggan melalui rating yang ada di media sosial dan mesin pencari. 

Ketiga, pahami bahwa jasa kirim yang kredibel kadang tidak bisa terlalu cepat membalas pesan setelah baru semenit saja Anda kirim. Tunggu dalam waktu 1x24 jam sampai pesan Anda dibalas. Atau jika Anda butuh cepat, silahkan unduh terlebih dahulu form di sini. Isi dengan lengkap, lampirkan pada pesan chat customer service Kilo.id.

Baca artikel kami sebelumnya mengenai Cara Mengurus dokumen FDA - Kirim Makanan ke Amerika Serikat

Untuk informasi terupdate mengenai kiriman barang yang lain, ikuti media sosial Instagram @kilo_id. Bisa tanyakan melalui chat WA atau DM mengenai produk apa yang hendak Anda kirimkan baik ke Indonesia maupun ke luar negeri.

Negara Mana Yang Paling Banyak Menerima Pengiriman Ekspor Kecap?

Malaysia

Malaysia adalah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian, dan tiga wilayah persekutuan. Negara ini terletak di Asia Tenggara, dengan luas 329.847 kilometer persegi, dan memiliki penduduk sekitar 30 juta jiwa. Ada sekitar satu juta orang Indonesia yang sekarang bertempat tinggal di Malaysia, itulah mengapa makanan Indonesia banyak di temukan di negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini.

Pakistan

Ada sekitar 533 WNI bertempat tinggal di Pakistan. Mereka biasanya berdagang atau bekerja profesional di negara yang berada di kawasan Asia Selatan ini. Kiriman kecap banyak dibawa untuk kembali dijual atau didistribusikan untuk kebutuhan bahan pokok sehari-hari. Ongkir pengiriman ke Pakistan terjangkau, Anda bisa cek langsung di halaman website negara Pakistan.

Korea Selatan

Pengiriman kecap ke Korea Selatan banyak dilakukan melewati jasa titip (jastip) para mahasiswa atau pekerja Indonesia di negara yang terkenal dengan K-pop. Menurut para admin jastip yang mengirim menggunakan layanan Kilo.id, semenjak pandemi mereka tidak bisa pulang ke Indonesia. Akan tetapi, titipan dari teman-teman dan usaha tetap berjalan. Oleh karena itu, mereka mempercayakan pengiriman kepada Kilo.id yang mengestimasikan barang sampai 3-10 hari.

Brunei Darussalam

Ongkir kirim barang ke Brunei sangat terjangkau. Mulai dari 140 ribu per kilo, Anda bisa mengirim barang sebanyak apapun ke sana. Brunei merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara dengan jumlah penduduk paling sedikit. Meskipun demikian, Brunei dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Negara seluas 5.765 km² ini menyimpan kekayaan yang bersumber dari cadangan minyak dan gas alam. Penduduknya yang rata-rata beragama islam tentu memerlukan izin halal dari MUI sebelum Anda hendak mengirim kecap.

Taiwan

Taiwan semakin diminati sebagai salah satu negara tujuan pengiriman bagi para pekerja migran asal Indonesia. Dibanding di Malaysia, gaji yang diterima pekerja asal Indonesia di negara tersebut relatif lebih tinggi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Taiwan jadi negara kedua penampung terbanyak pekerja migran asal Indonesia. Taiwan tercatat menampung tenaga kerja Indonesia (TKI) sebanyak 79 ribu orang lebih atau hampir menyamai Malaysia. Angka tersebut hanya mencatat jumlah TKI yang masuk dengan jalur resmi, sehingga mengabaikan mereka yang bekerja tanpa dokumen legal. 

Maka dari itu, tidak heran ada banyak restoran Indonesia di Taiwan. Pengiriman kecap ke Taiwan adalah yang tertinggi sepanjang tahun 2021.

Artikel Lainnya

Video